Main Menu

Pemerintah Siapkan Inpres Penanganan Bencana Lombok

Ervan
21-08-2018 09:50

Tenda pengungsian pascagempa di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB. (ANTARA/Ahmad Subaidi/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa yang paling penting dalam penanganan bencana Lombok adalah bagaimana penanganan dan dukungan dari pemerintah pusat. Oleh karenanya, pemerintah tengah menyusun Instruksi Presiden tentang penanganan bencana Lombok. 

"Yang paling penting menurut saya bukan soal ditetapkan atau tidak ditetapkan (status bencana), tetapi penanganan langsung di lapangan. Pemerintah pusat total memberikan dukungan penuh baik kepada pemerintah provinsi, kabupaten, dan juga tentu saja yang paling penting kepada masyarakat," kata Presiden kepada jurnalis di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/8). .

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan rencananya untuk mengunjungi Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dalam waktu dekat ini. Seperti diketahui, gempa dengan kekuatan yang cukup besar kembali mengguncang Lombok pada Minggu, 19 Agustus 2018.

"Saya ikuti terus, setiap menit saya ikuti. Tadi malam saya juga mendapatkan informasi dari sana. Saya mau mengatur waktu lagi untuk ke Lombok dalam waktu yang dekat ini," kata Presiden.

Untuk diketahui, sejak gempa pertama melanda Lombok, Presiden Joko Widodo tercatat sudah dua kali mengunjungi Lombok untuk memimpin langsung jalannya penanganan bagi para korban. Kunjungan pertama Presiden dilakukan pada 30 Juli 2018, sementara kunjungan yang kedua dilakukan pada 13 Agustus 2018.


Reporter: Ervan Bayu
Editor: Iwan Sutiawan

Ervan
21-08-2018 09:50