Main Menu

Lembaga Donor Liga Negara Muslim Bantu Warga Lombok

Anthony Djafar
22-08-2018 16:13

Reruntuhan bangunan pasca gempa (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/yus4)

Mekkah, Gatra.com - Lembaga donor Arab Saudi, Rabithah Alam Islami atau Liga Negara Muslim menyampaikan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Sekretaris Jenderal Rabithah, Dr. Muhammad Abdul Karim Al-Isa, mengatakan bahwa pihaknya akan senantiasa memberikan bantuan kepada umat Islam yang mengalami bencana di berbagai belahan dunia, termasuk di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Doa dan harapan agar masyarakat Nusa Tenggara Barat, khususnya yang berada di Lombok senantiasa diberikan keselamatan dari musibah itu,” kata Muhammad melalui layanan pesan singkat yang diterima Antara di Mekkah, Rabu (22/8).

Bantuan yang diberikan berupa pangan, perlengkapan tidur seperti selimut dan kasur kepada para pengungsi. Bantuan ini diberikan pada tahap pertama. Kemudian bantuan kedua akan fokus pada pembangunan dan perbaikan masjid-masjid yang terdampak gempa di Lombok.

Sebelumnya, selama dua hari, 18-19 Agustus 2018 lalu lembaga pemberi bantuan yang berpusat di Makkah itu menyelenggarakan program pembagian bantuan pangan kepada enam ribu pengungsi yang ada di Lombok Timur.

Pembagian bantuan dari lembaga yang didirikan sejak dekade 60-an itu disampaikan langsung oleh delegasi dari Arab Saudi bersama kantor perwakilan Rabithah yang ada di Jakarta.

Diketahui dari laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa korban meninggal akibat gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat sudah mencapai 515 jiwa.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
22-08-2018 16:13