Main Menu

Keluarga Mantan Presiden Soeharto Berkurban Sapi Jumbo di Masjid Agung Purwokerto

Mukhlison Sri Widodo
22-08-2018 19:59

Sapi kurban dari keluarga Mantan Presiden RI Soeharto di Purwokerto. (Foto: GATRA/MAB/Ridlo/yus4)

Purwokerto, Gatra.com – Masjid Agung Baitussalam (MAB) Purwokerto, Jawa Tengah tahun ini memotong enam ekor sapi sumbangan hewan kurban dari masyarakat. Salah satunya, merupakan hewan kurban dari keluarga Presiden RI ke-2, Soeharto.

 

Ketua Panitia Kurban MAB, Samingan mengatakan sapi tersebut diserahkan pada Senin lalu oleh Bambang Trihatmojo dan Mayangsari kepada panitia kurban. 

Menurut dia, Bambang dan Mayangsari diketahui memang kerap tinggal di Purwokerto, meski lebih banyak menghabiskan waktunya di Jakarta.

Hampir tiap Idul Adha, keluarga Soeharto menyumbangkan sapi untuk masjid-masjid di Purwokerto. Salah satunya di Masjid Agung. 

Adapun untuk masjid di sekitar kediamannya, Karangsalam, Bambang dan Mayang rutin berkurban satu ekor sapi.

“Ya keluarganya kan ada yang di Purwokerto. Pak Bambang Trihatmojo, suaminya Mayangsari. Yang alsi Purwokerto Mayangsari, ya. Jadi beliau kurbannya banyak. Yang di masjid Unwiku juga kasih sapi. Bisa dikatakan rutin tiap tahun. Kecuali tahun tertentu, mungkin di tepat lain,” katanya, Rabu (22/8).

Samingan menerangkan, sapi sumbangan keluarga Suharto berbobot lebih dari 500 kilogram. Informasinya, sapi tersebut berasal dari Tapos, sentra ternak yang didirikan oleh almarhum Mantan Presiden Soeharto.

Kurban ini biasanya diperuntukkan bagi almarhum Soeharto dan istrinya, Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto, orang tua Mayangsari, Bambang, Mayangsari dan anak-anaknya.

“Tapi yang jelas di masjid Unwiku rutin. Kalau di masjid agung sering begitu lah. Kalau di Masjid Agung, keluarga Pak Suharto berkurban satu ekor sapi,” jelasnya.

Humas MAB Alief Enstein mengatakan tahun ini panitia memotong enam ekor sapi dan enam ekor kambing. 

Selain sapi kurban dari keluarga Soeharto, sapi lain yang disumbangkan melalui masjid ini berasal dari Komunitas Gojek serta jamaah MAB. Selain itu, ada pula seekor sapi yang merupakan sumbangan dari Komunitas GoJek.

Menurut dia, Hewan kurban berupa enam sapi dan enam kambing di masjid ini dipotong hari ini dan akan dibagikan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan. 

Selain masyarakat di lingkungan sekitar, daging kurban juga akan didistribusikan kepada komunitas PKL alun-alun, tukang parkir, pengayuh becak, mualaf dan warga lain yang membutuhkan dengan total sekitar 1.000 sampai 1.200 orang.


Reporter : Ridlo Susanto
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
22-08-2018 19:59