Main Menu

Polda Jatim Ungkap Komplotan Pencurian Spesialis Nasabah Bank

Mukhlison Sri Widodo
30-08-2018 05:34

Ilustrasi penangkapan. (Shutterstock/re1)

Surabaya, Gatra.com - Unit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah Jawa Timur berhasil mengungkap komplotan pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) spesialis nasabah bank.

 

Pengungkapan setelah tiga orang tersangka berhasil diamankan. Mereka masing masing Munir alias Prasojo (55) warga Jatirejo, Mojokerto; Firmansyah alias Jack (51) warga Pasuruan; dan Herman Djunaidi (55) warga Perum Magersari, Sidoarjo. Sedangkan Andik masih menjadi DPO. 

Para pelaku itu memiliki peran masing masing. Dalam menjalankan aksinya, mereka tergolong cukup rapi dan terkoordinir. 

“Dua orang sebagai eksekutor, dan dua orang memonitor di dalam Bank. Memonitor, melihat siapa yang akan menjadi korban-korbannya,"  kata Wadir Reskrimum Polda Jatim, AKBP Juda Nusa Putra, Rabu (29/8).

Modus operandi para pelaku adalah dua orang pelaku mengawasi nasabah dalam bank. Setelah dirasa ada nasabah yang berpeluang untuk dijadikan sasaran, maka keduanya memberikan informasi kepada dua pelaku lainnya di luar. 

"Inilah korbannya, ciri cirinya seperti ini, perempuan atau laki laki, menggunakan baju ini, dengan menggunakan kendaraan, apa, itu diinformasikan kepada temannya yang di luar," ujarnya.

Korban kemudian diikuti, ketika berada di trafick light atau korban sedang berhenti di suatu tempat, dua pelaku yang bertindak sebagai eksekutor langsung mendekati mobil korban dan memecahkan kaca dengan menggunakan obeng, lalu mengambil uang. 

"Kalau korban tidak berhenti, mereka menggunakan paku payung, mengempeskan ban, sampai dia berhenti, baru dia mecahin kaca," paparnya.

Tak hanya di Jawa Timur, Surabaya khususnya, empat tersangka itu ternyata juga melakukan komplotan di wilayah lain, seperti Solo dan Indramayu. 

Dari catatan Kepolisian, para pelaku telah menjalankan aksinya di tujuh tempat.


Reporter : Abdul Hady JM
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
30-08-2018 05:34