Main Menu

Anies Klaim Aturan Ganjil Genap Selama Asian Games Berhasil

Abdul Rozak
31-08-2018 21:14

Ilustrasi.(ANTARAnews/re1)

 

Jakarta, Gatra.com - Pembatasan kendaraan roda empat dengan sistem plat nomor ganjil genap di Jakarta selama Asian Games 2018 diklaim berhasil. Pemprov DKI menyebut kecepatan kendaraan meningkat 37% selama ganjil genap diberlakukan.

 

"Ada peningkatan kecepatan kendaraan sampai dengan 37%," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/8).

Selain kecepatan kendaraan naik, penumpang Transjakarta juga meningkat 40% selama ganjil genap diberlakukan. Anies menegaskan keberhasilan tersebut bersifat jangka pendek hanya selama Asian Games 2018.

Pembatasan kendaraan roda empat dengan sistem ganjil genap di Ibu Kota akan diperpanjang hingga 13 Oktober 2018. Perpanjangan itu dilakukan karena Jakarta didaulat sebagai tuan rumah Asian Paralympic Games dari 6 - 13 Oktober 2018.

Meski diperpanjang, wilayah ganjil genap dipersempit. Seperti Jalan Metro Pondok Indah (ganjil genap dihapuskan), kemudian Jalan Benyamin Sueb (ganjil genap berlaku hanya saat Asian Paralympic Games).

Kemudian di pintu keluar dan masuk tol, ganjil genap tidak lagi berlaku. Aturan ganjil genap juga tidak berlaku dari pintu keluar tol sampai ke persimpangan pertama.

"Berikutnya adalah ganjil genap tidak berlaku di hari Sabtu dan Minggu. Jam 06.00 - 21.00, waktunya itu sama tidak berubah," tutup eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Hidayat Adhiningrat P

Abdul Rozak
31-08-2018 21:14