Main Menu

Kedatangan Jokowi ke Lombok, Diawali Gempa 5,3 SR

Birny Birdieni
02-09-2018 15:09

Pusat Gempa Lombok 5,3 SR timur laut kota Mataram. (Dok. BMKG/re1)

Mataram, Gatra.com- Sesaat sebelum kedatangan Presisen Joko Widodo ke Lombok, Minggu, (2/9), Lombok kembali diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,3.

 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,15 LS dan 116,37 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 16 km.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto dalam siaran persnya diterima Gatra.com, Minggu (2/9) menjelaskan bahwa berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan oleh masyarakat di daerah Lombok Utara, Lombok Barat dalam skala intensitasII SIG-BMKG (III MMI), serta Lombok Tengah, Mataram I SIG-BMKG (II MMI).

Meskipun warga sempat panik, tetapi hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pantauan Gatra.com di wilayah Mataram dan Lombok Barat terlihat masyararakat yang tengah melakukan aktivitas di dalam rumah maupun di pertokoan berhamburan ke luar rumah menyelamatkan diri. "Saya kaget tiba-tiba ada goyangan selama dua detik saat lagi mempersiapkan sarapan buat keluarga, " kata Erna Azis warga Bajur, Labuapi, Lombok Barat.


Reporter: Hernawardi
Editor: Birny Birdieni

Birny Birdieni
02-09-2018 15:09