Main Menu

Serentak Pilkades 18 Desa di Pemalang dengan Sistem e-Voting

G.A Guritno
03-09-2018 07:09

Pilkades e-Voting Pemalang. (Do. Polres Pemalang/re1)

Pemalang, Gatra.com – Sebanyak 18 desa di dua kecamatan wilayah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah menggelar Pilkades serentak dengan sistem e-Voting, Minggu (2/9). Ke-18 desa ini menjadi wilayah yang menggelar Pilkades e-Voting gelombang pertama pada 2018 ini.



Ke-18 desa tersebut berada di Kecamatan Taman dan Patarukan, Pemalang. Mulai pukul 07.00 WIB pelaksanaan pilkades dibuka dan dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib, pengecekan sarana dan prasarana, pengosongan database dan kotak audit oleh tim teknis, panitia dan para saksi calon kades.

"Pelaksanaan pilkades dimulai serentak mulai pukul 07.00 WIB di 18 desa di wilayah kecamatan Petarukan dan kecamatan Taman," kata Kasubbag Humas Polres Pemalang, AKP Titik Liestyowati, Minggu, (2/9).

Usai pengambilan sumpah janji panitia oleh ketua panitia, tahap pemungutan suara dengan cara e-voting dimulai dengan menggunakan mesin e-verifikator, komputer (laptop) dan perlengkapan e-voting lainnya.

“Hasil pengecekan tersebut selanjutnya dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Kabupaten Pemalang, Bagus Sutopo mengatakan, secara keseluruhan, sebanyak 172 desa di pesisir utara Jawa ini bakal menggelar Pilkades dalam 10 gelombang, mulai 2 September hingga 4 November 2018 nanti.

Bagus mengatakan untuk memastikan seluruh perangkat dan kesiapan pelaksana, Pemerintah Kabupaten Pemalang telah mengecek alat dan melatih panitia pilkades sejak Agustus lalu.

Kata dia, menjelang Pilkades e-Voting tahap pertama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Pemalang mensosialisasikan sistem sekaligus menggelar simulasi e-Voting Pilkades serentak di gedung Rekonfu Polres Pemalang, Jumat (31/8/2018).

Dia menjelaskan Pilkades e-Voting telah dilaksanakan di Pemalang pada 2016 lalu. Sejumlah daerah di Indonesia saat ini telah menggunakan perangkat Electronic voting (e-Voting) yang diproduksi BPPT bersama PT INTI.

Sementara, Wakapolres Pemalang, Kompol Malpa Malacoppo mengatakan sebanyak 300 lebih personel Polres Pemalang diturunkan dalam pengamanan proses pemilihan kepala desa yang pertama kali dilaksanakan dengan sistem e-Voting.

"Proses pemungutan suara berlangsung hingga pukul 3 sore," terangnya.

Usai pemungutan suara dilakukan penghitungan suara per bilik yang dilakukan oleh panitia dan saksi. Dari hasil pemungutan suara telah terpilih 18 kepala desa pada Pilkades tahap 1 di Kabupaten Pemalang ini.

Reporter: M. Ridlo Susanto
Editor: G.A. Guritno

G.A Guritno
03-09-2018 07:09