Main Menu

Anies Bantah Sudirman Said Jadi Cawagub DKI

Abdul Rozak
04-09-2018 15:06

Sudirman Said (GATRA/Jongki Handianto/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said bekalangan ini mencuat disebut sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sudirman Said menggantikan Sandiaga Uno yang mundur karena ikut kontesrasi pilpres 2019.

 

Sumber Gatra.com di lingkungan Balai Kota dan DPRD DKI membenarkan Sudirman menjadi kandidat calon wakil gubernur. Gubernur DKI Anies Baswedan sendiri yang mencalonkan Sudirman Said. Selain itu, ada mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.

Sumber tersebut juga mengatakan, Syaikhu diajukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). "Sudirman Said itu Anies yang menyodorkan. Syaikhu adalah calon wagub yang diinginkan PKS," ungkap sumber tersebut beberapa waktu lalu.

Di tempat terpisah, Anies membantah telah mengajukan Sudirman Said sebagai calon wakil gubernur. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan jika partai pengusung yaitu PKS dan Gerindra yang berhak mengajukan nama cawagub.

"Cek ke partai, bukan ke saya. Karena pengusulan calon wakil gubernur ada di partai," kata Anies di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (4/9).

Anies dan Sudirman Said pernah sama-sama duduk sebagai menteri di Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Keduanya diberhentikan Jokowi pada tanggal 27 Juli 2017. Setelah diberhentikan sebagai menteri, Anies terpilih dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 diusung Partai Gerindra dan PKS. Sedangkan Sudirman maju di Pilkada Jawa Tengah 2018 diusung oleh Gerindra, PKS dan PAN, namun kalah.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Iwan Sutiawan

Abdul Rozak
04-09-2018 15:06