Main Menu

Pengganti Anggota DPRD Kota Malang Yang Ditahan KPK Segera Dilantik

Mukhlison Sri Widodo
05-09-2018 20:19

Gubernur Jawa Timur Soekarwo (ANTARA/Saiful Bahri/re1)

Surabaya, Gatra.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo memastikan sebanyak 41 calon penggantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Kota Malang akan dilantik pekan depan.

 

"Senin, Insya Allah dilantik," kata Soekarwo usai rapat dengan pimpinan partai politik se-Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (5/9).

Sebanyak 41 dari total 45 anggota DPRD Kota Malang ditetapkan tersangka oleh KPK. Mereka sudah ditahan dan sebagian sudah menjalani persidangan.

Praktis, DPRD Kota Malang mengalami kekosongan. Sebab, hanya tersisa 4 orang. Pemerintahan pun lumpuh.

Rapat digelar guna mencari solusi untuk mengisi kekosongan di DPRD Kota Malang. Plt Walikota Malang Sutiaji juga ikut dalam rapat.

Pakde Karwo --sapaan akrab Soekarwo menjelaskan, urusan PAW di KPU biasanya memakan waktu lima hari. 

Namun, KPU menyanggupi bisa dilakukan dalam satu hari. Sementara untuk di partai, PAW yang biasanya dilakukan dalam waktu tujuh hari, bisa dilakukan hanya dalam waktu satu hari pula. "Karena semua pararel," tegasnya.

Sehingga, dia menjanjikan PAW akan segera ditandatangani pada Jumat (8/9/2018). "Minggu (berkas anggota PAW) yang ditandatangani) sudah di Malang, Insya Allah Senin pelantikan," ujarnya. 

Karena itu, Pakde Karwo menegaskan pihaknya tidak perlu melakukan diskresi karena proses PAW sudah bisa diatasi dengan cepat. "Sudah ndak ada diskresi," tandasnya.

Menurut Pakde Karwo, proses PAW bisa dilakukan dengan cepat karena adanya kerjasama yang baik antara KPU, pimpinan parpol dan Plt Wali Kota Malang.

"Luar biasa kerja partai dan KPU sama pak Wali. Semua tim bersama-sama langsung kerja dan menyelesaikan," tegasnya.

Karena itu, Pakde Karwo mengapresiasi para ketua partai, KPU dan Plt Wali Kota Malang yang cepat dalam bersinergi menangani persoalan ini.

"Saya mengapresiasi kepada ketua-ketua partai, menurut KPU problemnya adalah problem administrasi tentang pergantian. KPU siap, bahkan pimpinan partai yang melakukan pendampingan di kota Malang terhadap ketua-ketua setempat yang mengusulkan PAW," pungkasnya.


Reporter: Abdul Hady JM
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
05-09-2018 20:19