Main Menu

Tasyakuran Relawan Khofifah-Emil Sembari Kenalkan Budaya Jatim

Mukhlison Sri Widodo
08-09-2018 22:39

Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa memotong nasi tumpeng pada acara tasyakuran relawan Khofifah-Emil Dardak. (GATRA/Abdul Hady JM/FT02)

Surabaya, Gatra.com - Acara tasyakuran relawan Khofifah-Emil Dardak, di gedung Expo International Jalan A Yani Surabaya, Sabtu (8/9) dimanfaatkan untuk mempromosikan kekayaan budaya di Jawa Timur.

 

Promosi sangat penting mengingat Jawa Timur memiliki kekayaan budaya, namun hingga saat ini belum terekspose maksimal.

"Selain selamatan dengan seluruh relawan, kami juga ingin mempromoted, berbagai kekayanan budaya Jawa Timur. Harapan kami, nanti para wisatawan di Jatim paling tidak mereka akan stay tiga hari dua malam," kata Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa.

Acara tasyakuran itu sekaligus silaturahmi bagi para relawan yang membantu kemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak pada Pilgub Jatim 2018 lalu.

Acara itu dihadiri ribuan relawan dari berbagai unsur relawan seperti Relawan Kerja dan Relawan Rejo hadir. Beberapa elite partai politik pengusung pasangan Khofifah-Emil Dardak juga hadir. Sejumlah kebudayaan khas ditampilkan di acara tasyakuran tersebut. Diantaranya sinden cilik yang tampil menyanyikan beberapa lagu. 

“Sinden Cilik ini mempromosikan budaya Banyuwangi, sementara dia berasal dari mataraman," ujarnya.

Penampilan ini, lanjut mantan Menteri Sosial itu, sebagai salah satu ikhtiar menghidupkan seni dan budaya arek, terutama lewat ludruk dari remo.

Selain seni Ludruk, di Jatim juga ada juga seni daul dari Madura. "Ini artinya keberagaman dari budaya bisa diterima oleh seluruh kebhinekaan, keberagaman dan varian-varian berbagai subkultur di Jawa Timur," tegasnya.

Menurut Khofifah, jika wisatawan berada di provinsi ini dan menikmati budayanya maka akan otomatis menambah pemasukan dan kesejahteraan para seniman dan para budayawan di Jawa Timur. 

Acara tasyakuran ini murni keinginan para relawan. Sebenarnya acara serupa juga telah digelar para relawan di tingkat desa bahkan tingkat RW dan RT.

"Jadi hari ini kami menganggap saat yang tepat kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan, partai-partai pengusung dengan menggelar selamatan relawan Khofifah-Emil," tandasnya.

Sementara itu Wagub Jatim terpilih, Emil Elestianto Dardak berterimakasih pada semua relawan yang mendukungnya selama ini.

"Pada intinya kami juga memohon doa dari seluruh relawan agar kita terus bersama-sama. Karena keberhasilan pemerintahan ini juga akan memerlukan dukungan untuk bisa mengawal pemerintahan ini dengan baik," pungkasnya.


Reporter: Abdul Hady JM
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
08-09-2018 22:39