Main Menu

Sukseskan Pemilu 2019, Dindukcapil Purbalingga Sisir Warga Tak ber-KTP-el

Hidayat Adhiningrat P.
09-09-2018 07:53

Warga mengantre untuk perekaman KTP-elektronik. (GATRA/Ridlo Susanto/FT02)

Purbalingga, Gatra.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga melakukan jemput bola perekaman KTP Elektronik (KTP-el). Hal ini dilakukan untuk mensukseskan perhelatan Pemilu 2019.

 

Perekaman akan dilakukan di masing-masing kecamatan yang ada di Purbalingga. Tiap kali perekaman, ada dua sampai tiga desa yang bergabung. Dengan metode jemput bola ini, diharapkan masyarakat pemilih pemula dan yang belum melakukan perekaman bisa terlayani.

Kepala Dindukcapil Purbalingga, Imam Sudjono mengatakan perekaman KTP-el adalah syarat didaftarkannya seseorang sebagai pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Masyarakat yang pada tanggal 17 April 2019 sudah berumur 17 tahun diharapkan dapat melakukan perekaman di desa-desa yang telah dijadwalkan,” katanya, dalam keterangannya kepada Gatra.com, Jumat (8/9).

Dia menjelaskan, ada 94 desa yang menjadi tempat perekaman di 18 Kecamatan. Dalam setiap perekaman ada dua atau tiga desa yang berdekatan yang digabung untuk melakukan perekaman.

Kecuali desa-desa di Kecamatan Karangjambu, Karangreja dan sebagian desa-desa di kecamatan Rembang.

“Perekaman akan dimulai pada 17 September sampai 20 Desember 2018. Target perekaman 10 ribu penduduk bisa terlayani. Untuk itu perlu diharapkan partisipasi pihak kecamatan, kepala desa dan kelurahan serta masyarakat agar pelaksanan tersebut bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi ketidakhadiran warga, waktu perekaman jemput bola pun dimulai dengan mengikuti pola kerja masyarakat, yakni dimulai jam 16.00 WIB sampai dengan selesai. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa mengikuti perekaman setelah melakukan aktivitasnya.

“Serta pelajar juga sudah pulang dari sekolahnya. Masyarakat bisa hadir di desa yang telah ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan perekaman,” ucap dia, menerangkan.

Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Purbalingga Nomor 470/05702/2018 tanggal 31 Mei 2018 tentang tertib administrasi kependudukan dan dukungan untuk mesukseskan pileg dan pilpres, Camat, kepala desa atau lurah diharapkan menyisir warga yang belum melakukan perekaman dan mensosialisasikannya.

“Kepala desa atau lurah diharapkan dapat memfasilitasi warganya dalam melakukan perekaman baik perekaman di Kecamatan maupun saat jemput bola oleh Dindukcapil Purbalingga,” ujarnya.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Hidayat Adhiningrat P

Hidayat Adhiningrat P.
09-09-2018 07:53