Main Menu

Hutan Kawasan Gunung Sindoro Masih Terbakar

Anthony Djafar
09-09-2018 13:56

Hutan yang terbakar di lereng Gunung Sindoro.(ANTARA FOTO/Anis Efizudin/re1)

Jakarta, Gatra.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa upaya pemadaman masih terus dilakukan di kawasan Gunung Sindoro, Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, Jawa Tengah.

 

"Masih dilakukan pemadaman. Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) masih berlangsung," kata Sutopo saat dihubungi di Jakarta, Minggu (9/9).

Dari keterangan warga setempat, titik api mulai terlihat di pos 2 Gunung Sindoro, wilayah Kabupaten Wonosobo sekitar pukul 21.00 WIB, pada Jumat malam. Api terus merembet ke Timur dan sampai ke wilayah hutan di Kabupaten Temanggung hingga pukul 11.00 WIB, Sabtu (8/9).

Meski belum diketahui penyebabnya dan luas area lahan yang terbakar. Namun, jalur pendakian Gunung Sindoro untuk sementara ditutup sejak kebakaran.

"Pihak Perhutani menutup semua jalur pendakian terhitung sejak Sabtu hingga batas waktu yang belum ditentukan," katanya.

Sutopo mengatakan upaya pemadaman terus dilakukan secara manual oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, petugas Perhutani, relawan dan masyarakat. Dilaporkan hingga kini, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.

Sutopo menyebut bahwa sulitnya pemadaman dilakukan secara cepat karena keterbatasan air, peralatan dan lokasi yang berada di lereng-lereng gunung yang juga sulit dijangkau. Tiupan angin kencang disekitar lokasi membuat api cepat merambat.

“Pendaki diminta menjauhi area keabakaran dan mentaati penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro," katanya.


Anthony Djafar

Anthony Djafar
09-09-2018 13:56