Main Menu

Aktivitas Sesar Naik Flores Terjadi, Lombok Kembali diguncang Gempa 5,0 SR

Birny Birdieni
10-09-2018 15:49

Pusat gempa di Lombok Timur, NTB. (Dok. BMKG/FT02)

Mataram, Gatra.com- Lombok kembali diguncang gempa bumi tektonik, Senin(10/9) siang sekitar pukul 11:50:15 WITA 5 SR di wilayah laut sebelah utara Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

 

Hasil analisis Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,16 LS dan 116,6 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 54 km arah utara Kota Selong, Kabupaten Lombok Timur, NTB pada kedalaman 10 km.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto menyatakan, berdasarkan lokasi hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Hal ini didukung oleh hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempabumi ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh masyarakat di Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Besar II SIG-BMKG (III MMI) dan Lombok Barat, Lombok Tengah I SIG-BMKG (II MMI).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pantaun Gatra.com, begitu merasakan getaran gempa, sejumlah karyawan di perkantoran di Mataram, NTB berhamburan keluar. "Saya dan teman-teman langsung keluar meninggalkan pekerjaa. Hampir setiap hari terjadi gempa. Makanya kita juga kadang-kadang berkantor di luar ruangan," ungkap Hesti Marlina, pegawai di Kantor Imigrasi Mataram.


Reporter: Hernawardi
Editor: Birny Birdieni

Birny Birdieni
10-09-2018 15:49