Main Menu

Lombok Kembali Diguncang Gempa 5,3 SR

Anthony Djafar
11-09-2018 07:31

Map Gempa. (Dok.BMKG/RT)

Mataram, Gatra.com - Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto mengatakan bahwa Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, kembali diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR), pada pukul 04.22 WITA atau 03.22 WIB, Selasa (11/9).

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan analisa pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,41 lintang selatan dan 116,52 bujur timur. Namun gempa tidak berpotensi tsunami.

"Pusat gempa berada di darat pada jarak 12 kilo meter (km) arah barat laut Kabupaten Lombok Timur, pada kedalaman 12 km," katanya.

Agus mengatakan dampak gempa bumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap) BMKG dan informasi masyarakat menunjukkan terjadinya guncangan dirasakan masyarakat di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara II SIG-BMKG (V MMI).

Sejumlah warga yang bermukim di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah dan Kota Mataram, juga merasakan adanya getaran hingga IV MMI.

Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Dihimbau agar masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Gempa tersebut sempat membuat warga di Kota Mataram, berhamburan keluar rumah.


Anthony Djafar

Anthony Djafar
11-09-2018 07:31