Main Menu

Modal Usaha Peserta OK OCE Pakai Duit Pemerintah Pusat

Abdul Rozak
12-09-2018 18:27

OK OCE Mart. (ANTARA/Galih Pradipta/RT)

Jakarta, Gatra.com- Polemik akses permodalan bagi peserta program OK OCE terjawab sudah. Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM untuk membantu modal usaha peserta OK OCE.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta Irwandi mengatakan modal peserta OK OCE akan menggunakan dana bergulir dari pemerintah pusat. "Dana bergulir Pemprov DKI itu sudah ditutup sejak 2015, nah di Kementerian Koperasi dan UMKM masih ada. Itu nanti bisa dipakai untuk modal peserta OK OCE," kata Irwandi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (12/9).

MoU dana bergulir antara Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Koperasi dan UMKM akan ditandatangani pada Kamis (13/9) besok di Surabaya. Sebanyak 1.000 peserta OK OCE bakal diajukan Pemprov DKI untuk mendapatkan dana bergulir.

Irwandi mengatakan terpaksa memakai dana bergulir Kementerian Koperasi dan UMKM karena akses permodalan dari Bank DKI sulit terealisasi. Syarat untuk dapat dana bergulir lebih mudah dari pada mengajukan ke perbankan.

"Kalau pakai modal dari Bank DKI kan lambat banget. Ini tinggal kita ajukan siapa saja yang akan menerima dan diverifikasi oleh kementerian. Tahap pertama kita ajukan 1.000 penerima," lanjut Irwandi.

Masalah modal usaha untuk peserta OK OCE ini sempat dikritik DPRD DKI Jakarta. Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Bestari Barus mewacanakan untuk menghapus program ini dari Pemprov DKI Jakarta. "Kalau tahun depan tidak menyertakan alokasi permodalan, saya berpegang teguh program ini dihapus saja," ujar Bestari.


Reporter: Abdul Rozak

Editor: Birny Birdieni

Abdul Rozak
12-09-2018 18:27