Main Menu

Petugas Kesulitan Padamkan Kebakaran Gunung Sindoro-Sumbing

Mukhlison Sri Widodo
13-09-2018 09:21

Gambaran peta kebakaran Gunung Sindoro, Jawa Tengah. (Dok.BPBD Wonosobo/RT)

Wonosobo, Gatra.com - Kebakaran melanda kawasan hutan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Jawa Tengah sejak akhir pekan lalu. Hingga kemarin, Rabu malam (12/9), ratusan hektare lahan telah terbakar dan api belum bisa dikendalikan.

 

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Prayitno mengatakan hingga Rabu sore kobaran api di Gunung Sindoro dan Sumbing belum bisa dipadamkan.

Di Gunung Sindoro, titik api sudah mencapai Desa Reco Kecamatan Kertek, Wonosobo. Luas wilayah yang terbakar diperkirakan mencapai 116 hektare.

Akan tetapi, kata Prayitno, 116 hektare itu hanya luas kawasan yang terbakar di Gunung Sindoro. Adapun di Gunung Sumbing, pihaknya belum memperoleh data pasti berapa luasan yang terbakar.

“Untuk kebakaran Sindoro sekarang posisi titik api masih ada di Reco, masih belum padam. Sampai sekarang sudah 116 hektare. Itu hanya Sindoro. Kalau yang Sumbing kita belum memperoleh data valid,” katanya.

Prayitno mengungkapkan, hingga hari ini BPBD juga belum bisa memastikan penyebab kebakaran di dua gunung yang bersebelahan ini. Sebab, diduga titik api pemicu bukan berada di Wonosobo, melainkan di Banaran, Temanggung.

“Sampai kita rapat tadi hari ini, belum ada data valid. Karena itu berasal dari Banaran, Temanggung, kita terdampak. Jadi apinya melingkar,” ujarnya.

Prayitno mengemukakan, area yang terbakar meliputi kawasan hutan produksi seperti pinus, kemudian kawasan semak, vegetasi savana dan perkebunan milik masyarakat. Namun, hingga kini belum diperoleh keterangan berapa perkiraan jumlah kerugian akibat kebakaran ini.

“Ada empat vegetasi. Kalau kerugian itu nanti mungkin Perhutani yang menghitungnya,” jelasnya.

Rabu kemarin, ratusan petugas BPBD, relawan, TNI dan Polri dikerahkan untuk memadamkan api di dua gunung ini. 

Namun, lantaran medan berat dan skalanya yang luas pemadaman tak bisa dilakukan secara maksimal. Karenanya, hingga saat ini api belum bisa dipadamkan.

Data yang diperoleh Gatra.com, kawasan yang terbakar di Gunung Sindoro dan Sumbing telah mencapai 300 hektare lebih, meliputi wilayah Wonosobo, Temanggung dan Magelang.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
13-09-2018 09:21