Main Menu

Gubernur Alex Noerdin Lantik 7 Kepala Daerah di Akhir Masa Jabatannya

Iwan Sutiawan
13-09-2018 18:28

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. (ANTARA/INASGOC/Zabur Karuru/RT)

Palembang, Gatra.com - Mendekati akhir masa jabatannya, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dijadwalkan akan melantik tujuh kepala daerah terpilih hasil pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak di Sumsel pada Juli lalu.

 

Kepastian pelantikkan inipun sesuai dengan telegram dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang sudah diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel tertanggal 3 September 2018. Isinya menyampaikan berdasarkan Pasal 164 A dan Pasal 200A UU Nomor 10 Tahun 2016 yang mengatur pelaksanaan pelantikan kepala daerah serentak.

Kabag Protokol Setda Pemprov Sumsel, Iwan Setyawan membenarkan hal tersebut. Pemprov Sumsel tengah berkoordinasi terkait pelantikan kepada pihak Kemendagri. Terdapat tujuh kepala daerah yakni wali Kota Palembang, bupati Empat Lawang, bupati Muara Enim, bupati Banyuasin, bupati Lubuk Linggau, serta wali Kota Pagaralam dan Prabumulih.

"Pemprov sudah merapat persiapannya kemarin. Masih ada beberapa yang perlu dikoordinasikan, karena ada dua kabupaten lagi yang ditunda dulu, karena masa kepala daerahnya belum habis," ujarnya dihubungi Gatra.com, Kamis (13/9).

Iwan mengatakan, berdasarkan telegram Kemendagri tersebut, bahwa agar pelantikan kepala daerah terpilih dilakukan secara serentak dan bertahap. Untuk dua daerah yang masa jabatannya belum habis, yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Lahat, pelantikannya akan dijadwalkan kemudian.

Bupati OKI akan habis masa jabatannya pada 15 Januari 2019 sedangkan bupati Lahat pada 9 Desember 2018. "Pelantikan 7 kepala daerah terpilih ini akan dilakukan oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin," ungkapnya.

Berdasakan hasil rapat koordinasi yang dilakukan, pelantikan akan berlangsung di PSCC Palembang. Di lokasi yang berada di kawasan pusat Kota Palembang tersebut itu menyiapkan 5.000 undangan yang dibagikan kepada tujuh pemerintah kota dan kabupaten. Setiap kabupaten/kota akan mendapat 700 undangan yang terdiri dari 150 undangan VIP. "Undangan mulai dipersiapkan untuk didistribusikan ke pemkot dan pemkab," katanya.

Alex membenarkan soal pelantikan tersebut. Namun ia mengatakan, pemberitahuan pelantikan kepala daerah terpilih akan dipercepat sehingga pemerintah daerah diminta untuk mempersiapkan pelaksanaannya.

"Ada sudah telegramnya, coba hubungi Protokol," ujar gubernur Sumsel dua periode ini beberapa waktu lalu. Masa jabatan Alex dan wakilnya, Ishak Mekki akan berakhir pada 2018.


Reporter: Tasmalinda
Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
13-09-2018 18:28