Main Menu

Kerugian Kebakaran Hutan di Jateng Rp140 Juta

Mukhlison S Widodo
13-09-2018 21:26

Ratusan hektar kawasan hutan digunung Sumbing Terbakar. (ANTARA/Anis Afizudin/FT02)

Semarang, Gatra.com - Kebakaran di tiga kawasan hutan di Jawa Tengah disebut hanya menyasar tanaman tak produktif. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah Sarwa Pramana menyebut kerugian kebakaran itu sekitar Rp140 juta.

 

"Kemarin dihitung Perhutani hanya sekitar Rp140 juta karena yang terbakar semak dan tidak ada pohon produktif," ujar dia saat dihubungi Gatra.com.

Sarwa menjelaskan, lahan yang terbakar berada di tiga kawasan yakni di Gunung Sumbing seluas 478,4 hektar, kawasan di Gunung Sindoro 385,6 hektar, dan lahan di Gunung Lawu 5,5 hektar.

Tim gabungan terus berusaha memadamkan api di hutan Gunung Sumbing, termasuk dengan membuat parit untuk mencegah kebakaran meluas. Pemadaman juga masih dilakukan secara manual. Namun upaya itu tidak mudah.

Saat ini, menurut Sarwa, helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah berada di Kledung, Temanggung, untuk melakukan survei medan guna operasi pemadaman.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho juga mengakui sulitnya pemadaman kebakaran di lahan Gunung Sumbing. 

"BNPB kirim heli Bolco water bombing untuk membantu atasi kebakaran hutan dan semak-semak di Gunung Sumbing. Berbeda dengan penanganan karhutla di Sumatera & Kalimantan yang topografinya datar. Di Jawa karhutla ada di gunungapi sehingga lebih sulit pemadaman. Sumber air terbatas," tulis dia via akun twitternya.


Reporter: Arif Koes
Editor: Mukhlison 

Mukhlison S Widodo
13-09-2018 21:26