Main Menu

Kompak Nyaleg, Alex-Ishak Mundur dari Gubernur dan Wagub Sumsel

Iwan Sutiawan
19-09-2018 23:42

Pasangan Gubernur-Wagub Sumatera Selatan, Alex Noerdin dan Wagub Ishak Mekki (ANTARA)

Palembang, Gatra.com - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin-Ishak Mekki kompak mundur mendekati akhir masa jabatannya. Keduannya maju sebagai calon legislatif (caleg) pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Pilihan mundur dari jabatan merupakan syarat sebagai caleg.

 

Hal ini diketahui dalam paripurna DPRD Sumsel, Rabu (19/8). Dalam paripurna tersebut, Seketaris Daerah DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban membacakan Surat Keputusan Presiden Nomor 130/P/2018 tentang pengesehan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel dengan masa jabatan 2013-2018.

"Memutuskan, menetapkan pemberhentian dengan hormat gubernur dan wakil gubernur Sumsel," ujarnya membacakan surat keputusan tersebut.

Selain itu, surat keputusan tersebut juga berisikan pengangkatan pejabat (Pj) Gubernur Sumsel yang akan dijabat oleh Hadi Prabowo yang kini menjabat sebagai Seketaris Jendral (Sekjend) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Sidang paripurna hanya dihadiri oleh Ishak Mekki. Adapun rencana proses pelantikan akan berlangsung pada 21 September lusa.

Plt Ketua DPRD Sumsel, M Yansuri mengatakan, penunjukan penanggung jawab Gubernur Sumsel merupakan bagian dari mekanisme yang harus ditempuh saat kepala daerah mundur dari jabatan sebelum berakhirnya masa jabatan.

Tugas penanggung jawab kepala daerah akan berlangsung sampai dengan pelantikan kepala daerah yang baru. "Masa kerja Pj sampai dengan pelantikan gubernur baru Herman Deru-Mawardi Yahya yang dijadwalkan serentak," ujar Yansuri.

Adapun masa kerja gubernur Alex Noerdin-Ishak Mekki sebenarnya akan berakhir pada November mendatang. Sementara proses pelantikan serentak yang dijadwalkan Kemendagri bagi gubernur dan wakil gubernur terpilih akan berlangsung 27 September nanti.

Mantan Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki menyatakan pengunduran diri yang dilakukannya sebagai konsekuensi untuk fokus pada pencalonan legislatif tahun depan. "Benar, mulai hari ini resmi mengundurkan diri," ujar pria yang sempat menjabat Bupati OKI dua periode tersebut.

Adapun Alex Noerdin yang masih menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Sumsel akan maju sebagai wakil rakyat pada dapil Sumsel 1. Sementara Ishak Mekki maju pada dapil Sumsel 2.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
19-09-2018 23:42