Main Menu

Wagub Sulsel Dorong Fakultas Teknik Unhas Berubah Jadi Institut

Anthony Djafar
22-09-2018 12:41

Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. (Dok.Biro Humas-Sulselprov/RT)

Makassar, Gatra.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mendorong agar Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) berubah menjadi institut seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Institut Teknologi Surabaya (ITS).

“Berubah jadi institut akan menjadi magnet tersendiri, mahasiswa bahkan sudah punya pengalaman sebelum keluar (lulus)," kata Andi Sudirman saat melepas peserta gerak jalan santai dalam rangka peringatan ke-58 Diesnatalis Fakultas Teknik Unhas, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (22/9).

Institut teknologi di Pulau Jawa, kata wagub, yang juga alumni Fakultas Teknik Unhas ini, memiliki formula yang berbeda dengan universitas.

Institut tersebut, menurut Andi Sudirman, memiliki perusahaan sendiri di dalam kampus, yang bersaing dengan perusahaan luar.

”Jadi mahasiswa ketika keluar, mereka tidak nol pengalaman," katanya dikutip Antara.

Andi Sudirman menuturkan, di pemerintah provinsi banyak masalah di bidang teknik dan saatnya alumni teknik hadir di sana untuk berkontribusi.

Adapun Rektor Unhas, Prof Dwia Ariestina mengaku bangga punya fakultas teknik, yang mampu melahirkan alumni terbaik yang punya posisi strategis di pemerintahan, perusahaan dan lainnya. Ke depan diharapkan hadir alumni yang lebih hebat.

”Keunggulan perguruan tinggi adalah kalau bersama-sama. Artinya, yang mengelola bukan hanya administrator atau pejabat, tapi dikelola bersama pemerintah, alumni, industri, hingga pemerhati," ujarnya.

Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah mengakui, Fakultas Teknik Unhas makin mantap di usia 58 tahun.

"Kalau ada ITB di Bandung, di Kawasan Timur harus ada institut juga," katanya .

Menurut Nurdin, kado ulang tahun yang paling berarti, Fakultas Teknik Unhas yakni memiliki alumni yang sekarang menjadi wakil gubernur. Ini kebanggaan, karena tidak sekadar menjabat wagub, tapi mempunyai kualitas yang mumpuni," katanya.


Anthony Djafar

Anthony Djafar
22-09-2018 12:41