Main Menu

Koarmada I Tangkap Kapal Berbendera Vietnam Muat Ikan di Anambas

Anthony Djafar
24-09-2018 19:33

KRI Sutedi Senoputra (SSA) -378 menangkap satu kapal ikan asing berbendera Vietnam di Perairan Anambas.(Dok. Anambas/re1)

Anambas, Gatra.com - KRI Sutedi Senoputra (SSA) -378 menangkap satu kapal ikan asing berbendera Vietnam dengan kode BT 97901 TS (Nguyen Phue 3), berkekuatan 110 GT, di Perairan Anambas, pada Minggu (23/9).

 

Menurut Komandan KRI Letkol Laut (P) Zulfahmi menjelaskan penangkapan kapal Nguyen Phue 3 saat KRI sedang menjalankan operasi Malaka Sagara 18 di perairan laut Natuna. Di situ, KRI menerima kontak kapal dari radar sperry marine master, dengan kecepatan dua knot.

Kemudian dilakukan kontak menggunakan radio. Namun awak kapal Nguyen Phue 3 itu tidak memberi jawaban. Malah dalam pengamatan di radar KRI, kapal yang dikejar itu justru menambah kecepatan menjadi empat knot dan merubah haluan menjadi 290.

Pada saat itu, KRI mengejar, namun Nguyen Phue 3 justru berputar, sehingga diputuskan untuk memberikan peringatan melalui tembakan jenis SS1 milik KRI ke udara sebanyak empat kali.

“Usai tembakan peringatan, kapal tersebut berhasil dihentikan kemudian diperiksa dan digeledah isi muatan kapal,” kata Zulfahmi.

Lokasi kapal ditangkap di batas landas kontinen antara Indonesia dan Malaysia pada posisi enam Nautical Mile (NM) di dalam kontinen Indonesia, tepatnya 04.48.52 U - 105.19.59 T.

Setelah diperiksa, kapal tersebut tanpa dilengkapi dokumen resmi, dan ditemukan muatan kapal terdapat kurang lebih 5 ton ikan campuran. Sedangkan nahkodanya diketahui berkebangsaan Vietnam, bernama Van Thanh Lu, yang membawa ABK sebanyak 10 orang WN Vietnam.

“Kapal yang ditangkap diduga tidak mengantongi dokumen lengkap dan sah dari Indonesia dan diduga sedang melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan laut Natuna Utara secara illegal,” kata Zulfahmi.

Kapal Nguyen Phue 3 digiring ke pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Tarempa.

Pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Tarempa yang diwakili oleh Palaksa Mayor Laut (P) Budi Dermawan menyebut pihaknya akan melakukan penyelidikan dan penyidikan sesuai proses hukum yang berlaku.

“Barang bukti dan Anak Buah Kapal (ABK) diamankan di Lanal Tarempa,” kata Budi.

Sesuai aturan, nahkoda dan awak kapal dikenakan pasal 92 Jo 26 ayat (1) UU RI No 31 tahun 2004 tentang Perikanan (SIUP) dan pasal 93 ayat (2) Jo pasal 27 ayat (2) UU RI no 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI No 31 tahun 2004 tentang Perikanan (SIPI).

Diketahui KRI Sutedi Senoputra (SSA) -378 dengan nomor lambung 378 adalah satuan Kapal Ekscorta Komando Armada I, di bawah Komando Laksamana Pertama TNI Irvansyah.


Anthony Djafar

Anthony Djafar
24-09-2018 19:33