Main Menu

Penyerapan Anggaran Kurang, Gubernur Sulsel akan Lelang Proyek Mulai Desember

Anthony Djafar
26-09-2018 09:32

Ilustrasi Pembangunan (GATRA/Abdurachman/AR)

 

Makassar, Gatra.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mendorong agar lelang proyek mulai dilaksanakan pada bulan Desember untuk meningkatkan penyerapan anggaran.

Rencana tersebut terkait dengan realisasi penyerapan anggaran yang baru mencapai 60 persen, hingga menjelang akhir triwulan III-2018.

“Kita berharap tahun depan sudah diterapkan lelang mulai pada bulan Desember, sehingga Januari pelaksanaan proyek sudah jalan," kata Nurdin Abdullah di Makassar, Rabu (26/9).

Melalui pelelangan lebih awal, kata Nurdin, begitu memasuki tahun anggaran baru, proyek bisa langsung dilaksanakan dan anggaran dapat langsung diserap.

Mantan Bupati Bantaeng ini mengatakan dengan sistem tersebut, dapat meniru apa yang telah ia laksanakan di Kabupaten Bantaeng, sewaktu menjabat sebagai bupati di wilayah tersebut.

"Kami (di Kabupaten Bantaeng), Agustus semua 'Detail Engineering Desain' sudah selesai," katanya.

Nantinya, menurut Nurdin, pihaknya juga akan melibatkan Inspektorat Provinsi Sulsel untuk melakukan review terhadap proyek-proyek provinsi, sebelum proyek tersebut dimasukkan ke dalam Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk dilelang.

"Tahapannya seperti itu, baik pengadaan fisik dan barang serta jasa, masuk ke Inspektorat dulu, apakah terjadi kecurangan. Nanti setelah itu masuk ke ULP untuk lelang," katanya.

Selain itu, lanjut Nurdin, ke depan proyek-proyek di tingkat provinsi akan dibuat dalam skala besar, sehingga daya serap anggaran juga besar, dan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat.

"Jangan terlalu banyak di buat kecil-kecil, kalau di buat kecil tidak ada yang kelihatan dan daya serapan juga lambat," katanya.

Pemprov juga akan melibatkan Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D), untuk mengawal percepatan penyerapan anggaran di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Sulsel.

"Itulah gunanya hadir tim percepatan yang mengawal APBD kita termasuk mengawasi, bukan cari kesalahan tapi untuk mensinergikan dan menolong SKPD, semua gerak gerik SKPD akan dibantu," katanya.


Anthony/Antara

Anthony Djafar
26-09-2018 09:32