Main Menu

Kapolda Jateng Minta 3 Pilar Bersinergi Sukseskan Pileg dan Pilpres 2019

Hidayat Adhiningrat P.
26-09-2018 11:15

Apel Tiga Pilar di wilayah Kabupaten Pemalang (Dok. Humas Polres Pemalang/jh)

 

Pemalang, Gatra.com – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono berharap tiga pilar, yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kades atau lurah bersinergi untuk menyuskeskan Pileg dan Pilpres 2019.

 

“Mewujudkan Pileg dan Pilres 2019 yang aman, damai dan sejuk,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Rabu (26/9).

Menurut Condro, pengamanan tak terbatas hanya ditugaskan pada aparat keamanan saja. Pelibatan kepala desa dalam apel tiga pilar tersebut lantaran kepala desa adalah ujung tombak dari pemerintahan.

"Semua program dari Kapolri, Panglima, maupun pemerintah pusat turunnya pasti di desa oleh karena itu tiga pilar sangatlah penting," ujarnya, dalam apel 3 pilar di alun-alun Kota Pemalang, Selasa (25/9).

Di luar tiga pilar ini, kesuksesan Pemilu 2019 juga mesti didukung oleh peran serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda. Dengan begitu, suasana pemilu jadi kondusif, aman dan damai.

Kapolda juga berharap, di masa mendatang Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga membantu mensukseskan program dana desa sehingga semuanya berjalan lancar. Tiga pilar ini diharapkan juga mengantisipasi masalah yang berada di pedesaan sehingga tak terlanjur membesar.

"Indonesia merupakan negara demokrasi yang merupakan kekuasaan tertingginya ada di rakyat dan kita merupakan pelayannya sehingga diharapkan kita bekerja dengan baik supaya rakyat mempercayai kita. Jalin kerja sama yang baik antara Masyarakat, Pemerintahan, TNI dan Polri,” tandasnya.

Dia mencontohkan, ketika terjadi banjir ketiga pilar bahu membahu untuk melakukan penanganan. Begitu pun saat ada demonstrasi masyarakat Pemalang terkait jalan tol, tiga pilar dapat meredam dan menangani dan mencari solusi dengan baik.

Sementara, Kasdam IV Diponogoro, Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari berharap tiga pilar bisa kompak, solid dan dapat bersatu dalam membangun bangsa Indonesia.

"Fungsi dari tiga pilar adalah unsur pemerintahan ujung tombak yang mengatur, membina pemerintahan di tingkat desa. Diharapkan tiga pilar mampu berkontribusi menciptakan keamanan, kenyamanan, dan kesejahteraan di masyarakat," ujar Bakti.

Menurutnya, jika tiga pilar kompak maka setiap permasalahan kecil yang ada di desa dapat diselesaikan dengan baik. Namun jika tidak maka permasalahan kecil yang ada didesa akan menjadi permasalahan besar.

Apel tiga pilar di Pemalang diikuti 1 SSK Pamen dan Pama TNI Polri, 5 SSK gabungan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, 1 SSK gabungan camat dan kades/lurah, 1 SSK gabungan tokoh parpol, LSM, FKUB, pelaku usaha dan perbankan. Dalam apel ini, Kasdim 0711 Pemalang, Mayor Cav Haryono menjadi komandan.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Hidayat Adhiningrat P

Hidayat Adhiningrat P.
26-09-2018 11:15