Main Menu

Belasan Anak-anak Atlet Panjat Tebing Keracunan Ikan Tongkol

Mukhlison S Widodo
12-10-2018 21:47

Salah satu anak terbaring saat ditangani oleh pihak puskesmas kecamatan Sarolangun. (GATRA/Arbain Putra/re1)

Jambi, Gatra.com - Setidaknya empat belas orang anak rerata berumur belasan tahun di Kabupaten Sarolangun mengalami keracunan setelah mengonsumsi ikan tongkol. Kejadian itu diketahui pada Jumat (12/10) siang setelah para korban dibawa ke Puskemas Kecamatan Sarolangun. 

“Iya benar. Setelah kita periksa semuanya keracunan setelah mengonsumsi ikan tongkol. Pengakuan anak-anak, 30 menit setelah makan, mereka mual-mual, sakit kepala, muntah dan serta kulit merah-merah," kata dr Sundari, dokter jaga puskesmas. 

Ia mengatakan korban semuanya 14 anak. Lima orang diobservasi dan sembilan orang diberi obat mual. Dari lima orang ada satu yang paling parah. Ia sampai diinfus. Empat anak lainnya hanya disuntik.

"Mereka datang ke puskesmas sekitar pukul 14.00 WIB. Kita tangani lebih kurang dua sampai dengan tiga jam. Setelah penanganan intensif mereka kita perbolehkan pulang," katanya.

Setelah itu diketahui anak-anak ini adalah atlet panjat tebing Sarolangun yang tergabung dalam organisasi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Cabang Sarolangun. 

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) FPTI Kabupaten Sarolangun, Bambang yang hadir di puskesmas saat itu membenarkan bahwa anak-anak tersebut adalah para atlet panjat tebing Sarolangun, namun ia masih enggan membeberkan penyebab kejadian tersebut secara mendetail.

"Benar, adik-adik ini merupakan atlet kita. Tapi untuk keterangan lebih jauh terkait kejadian ini belum bisa saya jelaskan. Saya belum berani. Sementara hanya itu dululah," kata Bambang. 


Reporter: Arbain Putra
Editor: Mukhlison

Mukhlison S Widodo
12-10-2018 21:47