Main Menu

Atlet Jambi Keracunan, KONI Ingatkan Pelatih Berhati-hati Soal Makanan

Mukhlison S Widodo
14-10-2018 10:07

Ketua KONI Provinsi Jambi Indra Armendaris. (GATRA/Ramadhani/awy)

Jambi, Gatra.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi mengintruksikan seluruh pelatih pengurus cabang olahraga yang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi tahun 2018, untuk berhati-hati mengkonsumsi makanan.

Pasalnya, KONI tak ingin kejadian yang mengakibatkan empat belas atlet panjat tebing asal Kabupaten Sarolangun terulang kembali. 

Mereka terpaksa diberi perawatan karena mengalami gejala mual, sakit kepala, muntah, dan bintik-bintik merah di Puskesmas di wilayah itu.

"Kita sangat menyayangkan dengan kejadian kemarin," kata Indra, Minggu (14/10).

Kejadian keracunan makanan itu berlangsung pada Jumat lalu, saat belasan anak tersebut sedang menyantap makanan ikan tongkol yang mereka masak sehabis sesi latihan olahraga. Setelah menyantap ikan tongkol itu, 30 menit kemudian belasan anak tersebut langsung keracunan.

Lima orang lainnya terpaksa diobservasi, sedangkan sembilan orang hanya diberi obat mual. Pihak medis nantinya juga akan melakukan uji laboratorium terkait masakan ikan tongkol yang menjadi penyebab keracunan tersebut

Indra menjelaskan, beberapa diantara mereka adalah atlet yang disiapkan untuk Porprov tahun 2018 di November mendatang. Mereka juga atlet yang disiapkan di Kejuaraan Wilayah di Kabupaten Batanghari pada akhir Oktober ini. 

Untuk itu, perhatian khusus makanan dibuat dengan memperhatikan kesehatan dan nilai gizi makanan standar yang dibutuhkan setiap atlet. 

“Kita harap agar seluruh pelatih pengurus cabor lebih selektif lagi dalam memilah makanan, dan tetap memperhatikan gizi atlet," tegas Indra.


Reporter: Ramadhani
Editor: Mukhlison

Mukhlison S Widodo
14-10-2018 10:07