Main Menu

Presiden Jokowi Terima Medali dari Raja Salman Bin Abdulaziz

Nur Hidayat
13-09-2015 13:24

Jeddah, GATRAnews - Pemberian King Abdulaziz Medal kepada Presiden Joko Widodo Presiden Joko "Jokowi" Widodo dianugerahi Star of the Order of King Abdulaziz Al-Saud Medal oleh Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud di Istana Al-Salam Diwan Malaki, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (12/9).

Medali ini sebagai unjuk apresiasi yang luar biasa dari Kerajaan Arab Saudi kepada Presiden dan Pemerintah Republik Indonesia. Medali itu merupakan Order of Merit tertinggi bagi pemimpin negara sahabat. Penghargaan tertinggi kerajaan Arab Saudi pernah diberikan pada Presiden Obama, Perdana Menteri Cameron dan Shinzo Abe.

"Medali itu artinya sebuah penghormatan dan sekaligus persahabatan bagi seorang kepala negara Islam terbesar di dunia," sebut Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dalam rilis yang diterima Gatranews.

Apresiasi tinggi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga ditunjukkan dengan disambutnya Presiden di pintu gerbang pesawat oleh Raja Arab Saudi dan adanya jamuan makan siang kenegaraan. "Sambutan yang diberikan, yang mungkin sangat jarang diberikan Kerajaan Arab Saudi kepada negara-negara lain," tambah Seskab.

Dalam pertemuan bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, Jokowi mengundang investor dari Arab Saudi untuk berinvestasi di Indonesia, karena saat ini Indonesia sedang membangun infrastruktur. "Investor Arab Saudi diundang untuk membangun kilang minyak, jalan, pelabuhan, dan berbagai objek bisnis lainnya. Selain itu juga diundang untuk masuk di bidang investsi keuangan," ujar Pramono.

Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam mengelola ibadah haji selama ini, meski masih diperlukan langkah perbaikan atas berbagai kekurangan yang ada.

Selain itu, kata Seskab, Presiden mengajukan permohanan pengampunan kepada empat orang TKI yang divonis hukuman mati. "Dan raja akan membicarakan secara khusus persoalan tersebut," pungkasnya.


Reporter: FLY 

Editor: Nur HIdayat

Nur Hidayat
13-09-2015 13:24