Main Menu

Menteri Marwan Segera Luncurkan Program Pengawasan Dana Desa

Ervan
15-09-2015 18:24

Mendes PDTT Marwan Jafar (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, GATRAnews - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar akan segera meluncurkan program pendamping dana desa sebagai fasilitator penerimaan dana desa. Hal itu dimaksudkan sebagai pengawasan mengawal kepala daerah/desa menggunakan anggaran. Sekaligus memastikan penyerapan anggaran desa berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan masalah hukum.

"Pada 1 Oktober nanti sudah selesai perekrutan itu dan akan kita luncurkan seluruh fasilitator atau pendamping desa yang sudah kita rekrut. Jadi 1 Oktober kita launching," kata Marwan saat Raker dengan Komisi V di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/9).

Marwan menjelaskan penentuan  pendamping desa sedikit terlambat, sebab Kementrian Keuangan baru menyetujui satuan biaya khusus minggu lalu.

"Itu agak terlambat memang karena ini menunggu SPK (Surat Perintah Kerja)  Menteri Keuangan yang baru turun minggu lalu. Jadi kami belum bisa menentukan sepanjang Menkeu belum mentukan satuan biaya khususnya. Gajinya berapa, jumlahnya berapa. Ini dari kemenkeu baru seminggu lalu di tetapkan," tuturnya.

Secara umum, pendamping desa memiliki tugas membantu melakukan penyusunan keuangan dana desa. Mereka diwajibkan membantu aparat desa untjk menyusun laporan keuangannya serta penggunaan dana desa tersebut.

Pendamping desa memiliki empat tingkatan yang masing-masing ada di tingkat nasional dan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa.


Reporter: Ervan Bayu    

Editor: Nur Hidayat

Ervan
15-09-2015 18:24