Main Menu

Nusron Wahid: Calon TKI Wajib Buka Rekening Bank

Ervan
16-09-2015 14:28

Ketua BNP2TKI Nusron Wahid (ANTARA/dok)

Jakarta, GATRAnews - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan membuat peraturan baru bagi para calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja di luar negeri. Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid menjelaskan para calkn TKI akan diwajibkan membuka rekening di bank, dan para majikan wajib memberikan gaji atau upah lewat rekening bank.

Menurut Nusron, peraturan tersebut sebagai salah satu "jurus" untuk mendapatkan devisa bagi negara lebih banyak lewat transaksi keuangan via bank. "Kami menyampaikan tentang 'jurus-jurus' meningkatkan devisa. Salah satunya, bahwa semua TKI diwajibkan membuka rekening. Dan mulai kontrak baru TKI, para majikan di luar negeri tidak boleh membayar 'cash', gaji harus langsung masuk rekening TKI," kata Kepala BNP2TKI Nusron Wahid seusai melakukan rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, di Jakarta, Rabu.

Nusron menyampaikan dengan sistem ini maka perolehan devisa negara akan semakin meningkat. "Selain itu potongan yang dilakukan majikan kepada TKI dapat di monitor langsung oleh negara," lanjut Nusron.

Untuk memastikan majikan menyetorkan gaji TKI melalui rekening, pemerintah akan mewajibkan adanya kontrak diantara TKI, majikan dan disaksikan Kedutaan Besar RI bahwa pembayaran gaji TKI wajib melalui rekening.

"Nanti rekeningnya menggunakan lima bank, BRI, Mandiri, BII, Sinarmas dan Maybank. Mereka kuat di Malaysia," tutur pengurus PBNU ini.


Reporter: Ervan Bayu    

Editor: Nur Hidayat

Ervan
16-09-2015 14:28