Main Menu

Menteri Amran Jelaskan Dampak Bencana El Nino kepada JK

Januar
16-09-2015 16:02

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, GATRAnews - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) baru saja menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman beserta jajaran pejabat eselon I dan eselon II Kementerian Pertanian (Kementan). Dalam rapat tersebut, JK memberikan arahan untuk meningkatkan produksi nasional.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan salah satu hambatan meningkatkan produksi pertanian adalah bencana kekeringan El nino. "Tadi beliau berikan berbagai arahan. Pertama bagaimana mengantisipasi El Nino yang dihadapi sekarang," kata Amran di Kantor Kementan, Jakarta, Rabu (16/9).

Ia juga mengatakan pihaknya telah melakukan antisipasi bencana ini. Kementan baru saja memberikan sebanyak 21.000 pompa air untuk mengaliri lahan-lahan pertanian yang kering. "Kami jelaskan langkah yang ditempuh Kementan untuk mengantisipasi dan meminimalkan dampak dengan pengadaan pompa 21.000 unit, membangun sumur dangkal, sumur dalam, embung," katanya.

Sementara itu, Amran mengungkapkan sejauh ini El Nino belum mengganggu produksi pertaninan karena hanya menyerang beberapa wilayah di bagian Selatan Indonesia saja.

Sedangkan bagian utara khatulistiwa tidak terkena dampak dari bencana ini. "Kami tiba di Sumatera Barat, Pariaman. Begitu kami tiba itu hujan, tadi subuh juga hujan," katanya.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat

Januar
16-09-2015 16:02