Main Menu

TNI dan Rakyat Ibarat Ikan dan Air

Tian Arief
05-10-2015 13:20

Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan HUT TNI Ke-70 (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo, dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-70 Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengatakan, TNI lahir dari rakyat dan harus menegaskan jati dirinya sebagai Tentara Rakyat. Mengutip Panglima Besar Sudirman, menurut Jokowi, hubungan TNI dan rakyat ibarat ikan dan air.

"Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI," pesan Presiden Jokowi, dalam sambutan sebagai Inspektur Upacara Peringatan 70 tahun TNI, di Cilegon, Banten, Senin (5/10).

Sementara itu, menurut anggota Tim Komunikasi Presiden Ary Dwipayana, dalam keterangan tertulis yang diterima Antara, di Jakarta, Senin mengatakan, atas dasar pemikiran itu, maka Presiden berpesan, TNI harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat.

Sebagai tentara rakyat, TNI tidak boleh melupakan rakyat. TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat. TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat.

"Hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara," ujar Presiden.

Hanya bersama-sama rakyat, TNI menjadi kekuatan militer yang hebat, kekuatan militer yang disegani serta kekuatan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

"Selain itu, dalam darah TNI juga mengalir jati diri sebagi tentara pejuang," ucap Presiden.

Sebagai tentara pejuang, kata Presiden, TNI harus memiliki daya juang dan semangat pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Peringatan hari ulangtahun TNI ke-70 yang diselenggarakan di Cilegon tersebut dihadiri juga oleh Ibu Negara Iriana, para menteri kabinet kerja, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, para Kepala Staf Angkatan dan juga pejabat lainnya.

Upacara itu disemarakkan dengan berbagai penampilan anggota TNI dan juga alutsista TNI.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
05-10-2015 13:20