Main Menu

HUT Ke-70, DPR: Kekuatan TNI Diperhitungkan Dunia

Ervan
05-10-2015 17:27

Prajurit TNI (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta, GATRAnews - Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin menilai, pada usianya yang ke-70 tahun ini, TNI telah banyak melakukan reformasi. "Harus diakui TNI sekarang sudah terbuka terhadap kritik publik," kata politisi PDI Perjuangan ini.

 

 

"Dalam 5 tahun terakhir ini, TNI juga telah menjadi kekuatan yang diperhitungkan oleh negara-negara lain. Dengan segala kelebihan dan kehebatannya kita harus acungkan jempol. Kita perlu mengapresiasi TNI," ujar TB Hasanuddin melalui pesan singkat, Senin (5/10).

 

Menurutnya, TNI telah menempatkan jati dirinya sebagai tentara nasional, tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional yang tidak berbisnis, dan tidak terlibat dalam politik praktis. 

 

Namun, lanjut Ketua DPD PDIP Jabar ini, ke depan masih ada pekerjaan yang belum selesai bagi TNI, salah satunya menegakan hukum di tubuh TNI sesuai dengan Undang-Undang TNI Nomor 34/2004 Pasal 64 ayat 2.

 

"Dalam pasal itu berbunyi, Prajurit tunduk pada kekuasaan peradilan umum dalam hal pelanggaran hukum pidana umum yang diatur dengan undang-undang. Saya kira inilah pekerjaan rumah pemerintah serta DPR ke depan, memantapkan reformasi di tubuh TNI," tegas mantan Sekretaris Militer pada era Presiden Megawati Soekarnoputri itu.


 

Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

Ervan
05-10-2015 17:27