Main Menu

Menlu: Rusia dan Australia Segera Bantu Pemadaman Kebakaran Hutan

Ervan
12-10-2015 14:47

Kebakaran hutan Jambi (ANTARA/Wahyu Putro)

Jakarta, GATRAnews - Setelah dua pesawat water bombing dari Singapura dan Malaysia membantu memadamkan kebakaran hutan,  segera menyusul bantuan dari Australia berupa pesawat Hercules L-100 dan dari Rusia berupa pesawat amphibi. Keduanya juga akan melakukan water bombing di kawasan yang lahannya terbakar.

 

 

"Kerjasama internasional sampai saat ini sudah ada 2 pesawat dari Malaysia dan Singapura, 1 Bombardier milik Malaysia dan 1 Chinook milik Singapura. Kami juga sedang terus melakukan kontak untuk kedatangan 1 Hercules L-100 Australia untuk bergabung," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers di kantor Kemenkopolhukam, jalan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/10).

 

Selain pesawat untuk melakukan water bombing, Jepang juga mengirimkan bahan kimia yang dicampur didalam air untuk mempercepat proses pemadaman hingga ke dalam lahan gambut.

 

"Rusia juga akan mengirimkan pesawat amphibinya. Jepang akan beri bantuan chemical subtances untuk percepat pemadalam di lahan gambut," imbuh Retno.

 

Menlu juga mengungkapkan banyak lagi negara yang menawarkan bantuan untuk memadamkan kebakaran lahan yang mengakibatkan kabut asap di sejumlah wilayah di tanah air ini, namun Menlu menegaskan, tawaran bantuan akan diseleksi sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

 

"Thailand, Tiongkok juga menawarkan tapi kerjasama akan sesuai dengan apa yang kita perlukan saat ini," tegasnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

 

Ervan
12-10-2015 14:47