Main Menu

Bandung, Bogor, dan Denpasar Kota Berlalu Lintas Buruk Versi Waze

Tian Arief
14-10-2015 18:13

Kondisi lalu lintas Kota Bandung versi Waze (GATRAnews/dok Waze)

Jakarta, GATRAnews - Bandung, Bogor, dan Denpasar masuk dalam daftar 10 kota yang memberikan pengalaman terburuk bagi para pengendara. Demikian hasil evaluasi pengelola aplikasi navigasi Waze. Waze merilis indeks kepuasan mengemudi berdasarkan pengalaman mengemudi 50 juta orang lebih di 32 negara dan 167 area, serta menyusun penilaian numerik mulai dari memuaskan (10) hingga menyebalkan (1).

Waze, dalam siaran pers yang diterima Antara, di Jakarta, Rabu, menyebut kota terburuk bagi pengemudi, di antaranya San Salvador (El Salvador) dengan indeks 2,1 disusul Cali dan Medellin di Colombia dengan indeks masing-masing 2,6 dan 2,7; serta Denpasar (Indonesia) dengan indeks 2,8.

Kota lain yang menurut pengguna Waze lalu lintasnya menyebalkan adalah Guatemala City (Guatemala) dengan indeks tiga; Bandung (Indonesia) dengan indeks tiga; Bucaramanga (Colombia) dengan indeks 3,1; Caracas (Venezuela) dengan indeks 3,1; Bogor (Indonesia) dengan indeks 3,1 dan Bogota (Colombia) dengan indeks 3,4.

Sedangkan kota yang dianggap paling memuaskan bagi para pengendara pengguna Waze adalah Phoenix di Arizona (Amerika Serikat), dengan indeks kepuasan delapan.

Secara keseluruhan, lalu lintas kota-kota di Indonesia dianggap sebagai paling menyebalkan bagi para pengendara pengguna Waze, dengan indeks 3,7 atau menempati peringkat tujuh terburuk di dunia.

Negara yang lalu lintas kendaraannya dianggap paling baik Belanda dengan indeks 7,9.

Kendati demikian, soal keamanan lalu lintas di Indonesia dinilai cukup aman.

Indonesia masuk dalam daftar 10 besar negara yang indeks keamanan berkendaranya paling baik (8,9), sejajar dengan Prancis.

Negara yang dinilai paling aman adalah Argentina (9,8), sedangkan negara yang lalu lintasnya dianggap paling berbahaya bagi pengendara adalah El Salvador (3,3).

Dalam hal layanan bagi pengendara, salah satunya ketersediaan stasiun pengisian bahan bakar umum, Indonesia tercatat sebagai yang terburuk di seluruh dunia dengan indeks kepuasan satu. Namun kualitas jalanan Indonesia dianggap baik dengan indeks 7,3.

Selain itu menurut indeks Wazeyness atau suasana hati pengendara, Indonesia termasuk yang terburuk dengan indeks 1.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
14-10-2015 18:13