Main Menu

Presiden Jokowi: Kunjungan Bersejarah Bagi Indonesia - Italia

Nur Hidayat
09-11-2015 21:52

Presiden Italia Sergio Mattarella dan Presiden Joko Widodo (GATRAnews/dok)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Italia Sergio Mattarella bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Senin (9/11). Pertemuan ini merupakan kunjungan bersejarah bagi hubungan bilateral Indonesia-Italia. "M‎erupakan kunjungan pertama seorang Kepala Negarea Italia ke Indonesia dalam waktu 66 tahun," kata Jokwi pada keterangan pers bersama dengan Presiden Italia di Istana Merdeka.

Jokowi menyampaikan ke‎gembiraannya karena dalam kunjungan ini terdapat delegasi bisnis sebanyak 30 orang dari Italia dan akan menghasilkan total kontrak senilai kurang lebih USD1,055 miliar. "Kontrak itu terdiri dari kerjasama baru terutama di bidang logistik, energi dan infrastruktur, serta ekspansi di bidang otomotif," ucap Presiden. ‎ ‎

Pertemuan tersebut membahas empat isu utama. Pertama, peningkatan kerjasama di bidang industri kulit, fashion dan furniture. Kemudian peningkatan kerjasama di bidang pariwisata. Ketiga, peningkatan kerjasama di bidang energi, termasuk penggunaan CPO sebagai salah satu sumber energi terbarukan. Serta keempat peningkatan kerjasama di bidang interfaith dialog.

Lebih jauh, Jokowi menjelaskan bahwa hubungan Indonesia dan Italia dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Nilai perdagangan pada 2014 mencapai sebesar USD 4,01 miliar dan investasi Italia ke Indonesia sejumlah USD63,02 juta. Jumlah wisatawan Italia ke Indonesia mencapai 68 ribu orang.

Selain isu bilateral, kedua kepala negara juga membahas isu penting yang sedang dihadapi oleh Eropa saat ini yaitu isu migrasi. "Saya gembira dalam pertemuan ini kita telah menandatangani dua dokumen kerjasama di bidang bebas visa untuk pemegang paspor diplomatis dan paspor dinas, dan kerjasama di bidang pariwisata," ujar Presiden Jokowi. ‎

Sementara itu, Presiden Mattarella menyampaikan penghargaannya kepada Indonesia atas perannya di dalam kawasan Asia Tenggara dan juga komunitas internasional. "Dalam menjaga stabilitas keamanan dan di kawasan," ucap Mattarella.

Presiden Mattarella juga memuji kehidupan yang sangat harmonis, yang ada di Indonesia, sebagai contoh dari kehidupan yang sangat harmonis antar umat beragama yang berbeda-beda yang ada di Indonesia. "Dan sesuai dengan motto nasional, atau semboyan Indonesia Bhinneka Tunggal Ika merupakan contoh yang sangat baik, yang diberikan oleh Indonesia kepada dunia," ucap Presiden Mattarella.

Presiden Mattarella juga menghargai dorongan Uni Eropa untuk meningkatkan kerjasama dengan ASEAN dan ASEAN memiliki kantor pusatnya di Jakarta. Italia sendiri berusaha meningkatkan kerjasama antar Uni Eropa dan ASEAN. Presiden Mattarella juga mengundang Presiden Jokowi untuk berkunjung ke Roma, Italia. "Semoga dengan kunjugan selanjutnya Bapak Presiden Joko Widodo di Roma, kita akan semakin meningkatkan kerjasama kita," pungkasnya.


Reporter: FLY

Editor: Nur Hidayat

Nur Hidayat
09-11-2015 21:52