Main Menu

Wapres Minta HMI Kreatif Cari Dana untuk Kongres

Tian Arief
22-11-2015 00:00

Wakil Presiden Jusuf Kalla (ANTARA/Andika Wahyu)

Pekanbaru, GATRAnews - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) lebih kreatif dan inovatif dalam mencari dana untuk keperluan kongres, bukan hanya sibuk membuat dan mengajukan proposal. Pada Kongres ke-29 HMI di Pekanbaru, dana Riau menggelontorkan dana APBD Rp 3 miliar untuk kongres tersebut.

Penggelontoran uang rakyat segitu banyak untuk kongres itu, menurut Kalla, seperti dilaporkan Antara, itu "biasa".

"Berbeda dengan zaman dulu, kami kalau mau kongres jual apa atau bikin pertunjukan cari dana. Sekarang PB-nya Arief (Ketua HMI) sibuk bikin proposal cari-cari, tentu harus dibikin inisiatif yang baru," kata Kalla, yang mantan ketua umum PB HMI, saat membuka Kongres kr-29 HMI, di Pekanbaru, Minggu (22/11).

Kalla mengisahkan, salah satu cara dia menghimpun dana untuk kongres HMI pada masanya adalah dengan jualan kue.  Kue itu dijual juga kepada sesama anggota HMI dengan harga yang lebih mahal untuk membiayai kongres.

Oleh karena itu, kata Kalla, harus ada perubahan dalam pendidikan kepemimpinan HMI. "Ini HMI terus mengunjungi dan mencari kalau kongres. Tolong dibikin inisiatif yang lebih berbudaya lah," kata wapres berpesan.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
22-11-2015 00:00