Main Menu

Kemenkumham Berupaya Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

Iwan Sutiawan
07-12-2015 23:19

Penyandang disabilitas (ANTARA/Widodo S Jusuf)

Jakarta, GATRAnews - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) menyatakan komitmennya terhadap pemenuhan berbagai hak penyandang disabilitas, di antaranya hak untuk mengakeses informasi. Untuk mewujudkannya, Kemenkum HAM telah menggandeng Kementerian Sosial (Kemensos).

"Ya, itu kemarin ada Mensos, Bu Khofifah, saya rasa itu sudah harus menjadi gerakan yang harus kita lakukan, baik apsek pelayanan publiknya, akses pada disabilitas, dan lain-lain, kita masih harus melakukan itu. Tapi itu kita kerja sama dengan Ibu Khofifah," kata Yasonna Hamonangan Laoly, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, di Jakarta, Senin (7/12).

Yasonna mengungkapkan, pihak Kemensos tentunya sudah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan berbagai pemenuhan hak penyandang disabilitas, seperti yang disampaikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam berbaga kesempatan.

"Itu pasti sudah dilakukan, kemarin ada satu acara di Istana, Ibu Mensos sudah me-launch itu. Sebelumnya, kita di pertemuan Arya Duta sudah kita sampaikan, dan ini kerja sama kita secara bersama-sama," katanya.

Pemenuhan berbagai hak penyandang disabilitas harus dilakukan seperti di berbagai negara maju. Indonesia pun sedangan menuju ke sana dengan melakukan pemenuhan secara bertahap.

"Kita akan menuju ke arah sana, sama seperti negara lain. Secara bertahap kita akan melakukan, kedepannya pasti akan lebih baik," kata Yasonna.

Berbagai hal yang dilakukan untuk memenuhi hak penyandang disabilitas, di antaranya menyediakan berbagai fasilitas atau akses layanan umum, baik di tempat publik dan angkutan umum, serta melakukan sosialisasi.

"Itu hurus dilakukan. Tidak boleh ada warga negara kelas dua. Mereka juga sama seperti kita, harus mendapatkan akses yang sama," kata Yasonna.

Yasonna menjelaskan hal di atas dalam rangka menyambut hari HAM Dunia yang jatuh pada tanggal 10 Desember nanti. Pemerintah Indonesia sendiri akan memperingatinya pada tanggal 11 Desember di Istana Merdeka, Jakarta.


Reporter: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief

Iwan Sutiawan
07-12-2015 23:19