Main Menu

JK: Poros Maritim Kekuatan Besar Bangsa Indonesia

didi
14-12-2015 14:28

Wakil Presiden Jusuf Kalla (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta, GATRAnews - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengatakan, Poros Maritim merupakan kekuatan besar bagi bangsa Indonesia. Kekuatan yang besar tersebut, lanjut Wapres, tentunya perlu didukung oleh tekad dan ilmu pengetahuan yang maju.

“Kelautan bukan hanya untuk menghubungkan pulau dengan pulau, tapi mempunyai sumber kekayaan yang besar, yang digambarkan oleh tekad dan ilmu pengetahuan yang maju untuk bagaimana kita semua mengeksplorasi kekuatan-kekuatan itu,” kata Jusuf Kalla, dalam sambutan pada Puncak Peringatan Hari Nusantara Tahun 2015 di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh, Minggu (13/12).

Kekayaan laut yang dimiliki Indonesia, kata Wapres, di antaranya besarnya kandungan sumber mineral dan gas bumi. Untuk itu, pemerintah berupaya menjaganya dengan mempertahankan kedaulatan laut, diantaranya dengan menertibkan secara hukum pengelolaan perikanan secara ilegal.

“Tanpa kedaulatan di maritim, tentu kekayaan itu tidak kita dapatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan kita semua,” tegas Wapres.

Wapres meyakini, Peringatan Hari Nusantara yang dirayakan itu merupakan awal dari kemajuan kemaritiman. Hari Nusantara yang diperingati setiap tahunnya, lanjut Wapres, menggambarkan kesatuan rakyat Indonesia yang bertekad memajukan bangsa dari darat dan laut.

Hari Nusantara dirayakan setiap tanggal 13 Desember di provinsi yang berbeda-beda. Tahun 2015 Aceh menjadi Tuan Rumah perayaan Hari Nusantara. Adapun tema Hari Nusantara tahun ini adalah Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral untuk Pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia untuk Mewujudkan Kejayaan dan Kemakmuran Bangsa.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
14-12-2015 14:28