Main Menu

LIPI Akan Gelar Lomba Karya Ilmiah Remaja ke-48

didi
07-03-2016 12:49

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Dok.GATRA/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Penanaman budaya meneliti bagi generasi muda menjadi fokus Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Lembaga penelitian ini bersama The British Council melalui program Newton Fund, serta Intel Indonesia, akan menggelar Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-48 dan National Young Inventor Award (NYIA) ke-9 tahun 2016.

Melalui kompetisi ilmiah ini, LIPI melakukan pembinaan generasi muda sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing Indonesia di masa depan dan mendorong percepatan inovasi. Sejak didirikan pada tahun 1967, LIPI telah menempatkan pentingnya peningkatan kapasitas masyarakat terutama pemuda dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan kompetisi ilmiah seperti LKIR dan NYIA ini, dengan harapan mereka bisa berpikir kritis tumbuh menjadi peneliti yang handal dan mampu menjadi motor pembangunan bangsa,” ujar Siri Nuramaliati Prijono, Sekretaris Utama LIPI, di Jakarta, Senin (7/3).

Kedua kompetisi ilmiah tersebut, sambungnya, merupakan sarana untuk menemukan penemu muda yang berbakat sehingga kemudian dapat dikompetisikan dalam ajang yang lebih tinggi lagi seperti Intel International Science and Engineering Fair (IISEF) di Amerika Serikat yang didukung penuh oleh Intel Indonesia dan Edinburgh International Science Festival di Inggris. Kemudian juga didukung oleh British Council untuk pemenang LKIR, serta International Exibition for Young Inventors (IEYI) di Hongkong dan ASEAN Student Science Project Competition di Thailand bagi pemenang NYIA.

Menurutnya, Indonesia masih memiliki kelangkaan pada kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk berakselerasi mengembangkan iptek. “Kompetisi ilmiah sangat penting diselenggarakan agar bisa menemukan calon inventor muda untuk memenuhi kelangkaan kapasitas SDM tersebut,” jelas Siti.

Adapun hasil penelitian para peneliti muda nantinya akan dibagi ke dalam beberapa kategori, seperti bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Teknik dan Informatika (IPT), serta Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim (IPK). Proposal yang didaftarkan nantinya akan melewati proses seleksi, pembinaan oleh peneliti LIPI,exhibition dan penjurian, dan pemilihan karya terbaik.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Laksana Tri Handoko selaku ketua dewan juri kompetisi ilmiah LIPI mengatakan bahwa pada tahun 2015 jumlah proposal karya ilmiah yang diajukan peserta naik sekitar 30% dibandingkan dengan tahun lalu, dari 1.700an menjadi 2.041 proposal, serta 600 usulan karya inovasi remaja.

“Ini merupakan tren positif dalam perkembangan minat penelitian di kalangan remaja. Tahun ini kami targetkan paling tidak ada 2.000 proposal LKIR yang terjaring dan 800 usulan karya design dan prototype,” ujar Handoko yang juga merupakan alumni LKIR tahun 1985.

Berbeda dengan tahun lalu, bersamaan dengan penyelenggaraan kompetisi ilmiah tahun ini, LIPI juga akan menggelarIndonesia Youth Science Festival(IYSF). “Festival ini meliputi workshop dan talkshow, science show, science art, science moviesdan gathering alumni LKIR,” imbuh Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas.

Rangkaian Kompetisi Ilmiah LIPI ini akan diselenggarakan pada tanggal 22-26 Agustus 2016 mendatang. Pendaftaran keikutsertaan dalam ajang Kompetisi Ilmiah LIPI melalui website www.infokompetisi.lipi.go.id secara online untuk LKIR paling lambat tanggal 1 April 2016, dan NYIA tanggal 11 Juli 2016.

Nur menyampaikan apresiasinya kepada British Council dan Intel Indonesia yang beberapa tahun terakhir bersama LIPI telah memberikan perhatian khusus dalam pembinaan minat peneliti remaja.

“Kami sangat terbuka bagi pihak manapun yang ingin berpartisipasi pada rangkaian penyelenggaraan Kompetisi Ilmiah, baik dari instansi swasta maupun pemerintah,” ujar Nur. Ke depannya, semoga ide-ide yang diajukan para peneliti muda bisa semakin inovatif dan memberikan kontribusi yang baik untuk masa depan," tuturnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
07-03-2016 12:49