Main Menu

Hari ini Presiden Jokowi Awali Tour de Kalimantan

Dani Hamdani
22-03-2016 13:15

Jembatan Tayan di Kalimantan Barat diresmikan Presiden 22 Maret 2016 (Dok PUPR)

Jakarta, GATRANews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini dijadwalkan mengawali kunjungan kerjanya ke Kalimantandengan meresmikan Jembatan Tayan di Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Menurut Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo direncanakan melakukan kunjungan kerja pada 22-24 Maret 2016 ini ke sejumlah lokasi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

 

Jembatan Tayan merupakan bagian dari Jalan Trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah.

 

Jembatan sepanjang 1.650 meter ini dibangun dengan total biaya investasi mencapai Rp 1,028 triliun.

 

Dengan adanya jembatan ini, diharapkan pergerakan ekonomi di kawasan akan semakin meningkat seiring dengan makin terkoneksinya dua provinsi, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

 

Uji coba pengoperasionalan jembatan ini sudah dilakukan sejak 19 Februari 2016, dan kini siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

 

Kunjungan itu sekaligus sebagai upaya mendorong pembangunan Infrastruktur yang harus merata di seluruh Tanah Air dan tidak hanya terpusat di Pulau Jawa.

 

"Saya sampaikan kepada seluruh menteri bahwa pembangunan harus dimulai dari pinggir menuju tengah, bukan Jawa sentris lagi. Harus Indonesia sentris," kata Presiden Joko Widodo pada peresmian Bandar Udara Rembele di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh awal Maret 2014.

 

Rencananya Presiden juga akan menuju lokasi penyerahan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), dan Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT) di SDN 21 Piasak, Dusun Piasak, Kecamatan Tayan Hilir.

 

Keesokan harinya, Presiden menuju ke Kecamatan Entikong, Provinsi Kalimantan Barat untuk meninjau lokasi Pos Batas Lintas Negara (PBLN).

 

Siang harinya Presiden dan rombongan akan bertolak ke Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara untuk meresmikan Bandar Udara Internasional Juwata dan membagikan kartu sakti di daerah tersebut. 

 

Selanjutnya sore hari, Presiden akan terbang menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia 1 menuju Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur dan bermalam di Balikpapan.

 

Pada Kamis (24/3) di Balikpapan, Presiden akan melakukan "groundbreaking" pembangunan Jalan Tol ruas Balikpapan-Samarinda dan membagikan kartu perlindungan sosial di daerah tersebut. Siang harinya Presiden dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
22-03-2016 13:15