Main Menu

Gerakan Pramuka Ingin Internet di Indonesia Bebas Konten Negatif

Wanto
16-04-2016 20:06

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault (Dok.GATRA/re1)

Jakarta, GATRAnews - Ketua Kwarnas, Adhyaksa Dault meminta Kemenkominfo RI untuk segera menghapus semua konten yang berisikan kekerasan serta berbau pornografi yang tersebar luas di internet. Pasalnya belum lama ini, jika ada yang mengetik kata kunci “Salam Pramuka” dan “Salam OSIS”, dimesin pencari google maka yang tampil adalah video mesum pelajar berseragam.

Hal tersebut sangat meresahkan masyarakat terutama orang tua yang mempunyai anak-anak dalam masa remaja. “Saya ingin cepat, begitu tahu lewat wa, saya ingin langsung dihapus, namun sesuai prosedur, kita sudah mengirimkan surat resmi ke Pak Menteri Rudiantara, agar video-video mesum dan konten kekerasan di internet dihapus, lebih cepat, lebih baik, karena menyangkut keselamatan anak-anak kita,"ujar Adhyaksa Dault dalam keterangan tertulisnya, (16/4).

Menurut Adhyaksa Dault, selain meminta konten itu dihapus, Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengajak Kemkominfo bekerjasama dalam memantau konten-konten yang merugikan anak-anak Indonesia, ia juga dalam waktu dekat ini akan berkomunikasi dengan google untuk mencari solusi dari masalah tersebut.

“Dalam waktu dekat, Kwarnas Gerakan Pramuka akan menambah tugas Tim Siber Pramuka dengan membentuk divisi yang memfokuskan kegiatan pada internet sehat. Hal ini juga akan kami koordinasikan dengan Kementerian dan Lembaga terkait, internet sehat salah satu konsen utama dalam memimpin Pramuka," tambahnya.

Sementara itu Lusia Adinda Lebu Raya, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Kominfo menjelaskan bahwa Tim Siber Kwarnas menemukan adanya upaya mengupload sebanyak-banyak video mesum pelajar, kemudian video-video tersebut dalam judul disisipkan kata “salam pramuka dan “salam osis”, dan rata-rata diupload pada bulan Maret dan April 2016 ini.

“Ini bukan hanya satu video, tapi lebih dari 100 video yang kami temukan. Kepada media massa yang memberitakan, kami berharap juga disertai himbauan agar masyarakat, utamanya orangtua ikut mengawasi anak-anak dalam menggunakan internet,"katanya.


Reporter: Wanto

Editor: Nur Hidayat


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

Wanto
16-04-2016 20:06