Main Menu

BI: Indonesia Perlu Masterplan Smart City

Abdul Rozak
02-06-2016 14:59

Bank Indonesia (GATRA/Rifki M Irsyad/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Indonesia membutuhkan masterplan pembangunan infrastruktur smart city, meliputi perencanaan dan pengembangan jangka panjang. Sejauh ini beberapa kota di Indonesia sudah menerapkan smart city, antara lain DKI Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar.


"Indonesia perlu masterplan pengembangan smart city tak hanya fisik, tetapi perencanaan ke depan dan mengembangkan sistem teknologi terpadu, informasi dan anggarannya," ungkap Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo di Jakarta, Kamis (2/6).

Agus mengatakan, smart city bisa meningkatkan daya saing ekonomi nasional. Menurut penelitian Bank Dunia ke depan 80% ekonomi berasal dari kawasan perkotaan, kemudian di tahun 2035, sebanyak 75% penduduk dunia hidup di kota.

Potensi tersebut, sambung Agus, perlu wadah berupa smart city. Mantan Dirut Bank Mandiri ini yakin smart city akan mendukung pertumbuhan ekonomi dunia dan Indonesia yang akan datang.

"‎Menjadi smart city harus ada komitmen yang lebih jauh karena bisa meningkatkan daya saing nasional. Ini harus disiapkan untuk mendukung ekonomi yang akan datang," pungkas Agus.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
02-06-2016 14:59