Main Menu

Bendera Merah Putih dan Pramuka Berkibar di Puncak Kilimanjaro

Tian Arief
07-08-2016 21:24

Anggota Andalan Nasional Gerakan Pramuka Eko Sulistio dengan bendera Merah Putih dan Pramuka di puncak Gunung Kilimanjaro (GATRAnews/pramuka.or.id)

Jakarta, GATRAnews - Anggota Andalan Nasional Gerakan Pramuka Eko Sulistio berhasil mengibarkan bendera Merah-Putih dan bendera Pramuka di puncak Kilimanjaro, gunung tertinggi di Afrika. Eko berhasil menuju puncak di ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut itu, setelah melakukan perjalanan selama delapan hari yang dimulai dengan mendaki Machame Gate.

Hal itu diungkapkan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, dalam keterangan pers yang diterima Antara, di Jakarta, Minggu (7/8). Machama Gate merupakan pintu gerbang menuju Gunung Kilimanjaro, Tanzania, yang setiap tahun dikunjungi oleh 15.000 pendaki, sekitar 40% di antaranya berhasil mencapai puncak Kilimanjaro yang disebut dengan Stella Point.

Setiap pendaki diharuskan mengisi formulir pendaftaran, cek kesehatan, cek peralatan, cek porter, dan pemandu di Machama Gate, sebelum mendaki Gunung Kilimanjaro.

Dalam misi pengibaran bendera menjelang HUT ke-71 RI dan HUT ke-55 Pramuka tersebut, Eko didampingi Adit, staf Kedutaan Besar Republik Indonesia Nairobi, Kenya, 19 orang porter, tiga pemandu, dan seorang dokter.

Selama pendakian, Eko sempat mengalami pusing kepala, tidak nafsu makan, halusinasi, dan penyakit ketinggian. "Ini adalah perjalanan yang luar biasa dalam hidup saya karena tidak semua orang mampu menjalankan pendakian ini. Jalan terjal, cuaca ekstrim, dengan suhu minus 15 derajat Celcius dan oksigen oksigen yang semakin menipis," kata Eko, sebagaimana dikutip pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka.

Pada ketinggian 5.000, cuaca makin ekstrem. Bahkan beberapa pendaki dari Jepang, Jerman, Hong Kong, dan Taiwan, harus dievakuasi ke bawah. "Alhamduliah saya masih bisa lanjut karena misi ini sangat memotivasi saya," ujar Eko, menambahkan.

Di kalangan Pramuka Indonesia, Eko dikenal sebagai pendaki andal. Dia pernah menaklukkan puncak Jaya Wijaya, Papua, yang berketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menyatakan bangga atas keberhasilan Eko dan mengapresiasi pihak KBRI. "Saya sudah mendaki banyak gunung di dalam dan luar negeri. ini bukan semata soal kekuatan fisik, tapi juga kekuatan pikiran dan motivasi. Sebelum berangkat, pikiran Eko sudah ada di Puncak. Ada motivasi besar ingin membahagiakan banyak orang," kata mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
07-08-2016 21:24