Main Menu

Megawati Tak Hadir Saat Dianugerahi Penghargaan Gerakan Pramuka

Tian Arief
14-08-2016 21:29

Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri (GATRAnews/Ervan Bayu/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dianugerahi Satya Lencana Tunas Kencana, penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka, bersama tokoh lainnya, bertepatan pembukaan Jambore Nasional oleh Presiden Joko Widodo. Namun Megawati, yang kini menjabat Ketua Umum DPP PDIP, tidak menghadiri penganugerahan penghargaan yang diterimanya bersama 37 tokoh lainnya itu.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, dalam laporan kepada Presiden Joko Widodo, sebelum peresmian Jambore Nasional X 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu (14/8), mengatakan, Gerakan Pramuka menganugerahkan penghargaan kepada 38 tokoh yang dianggap berkontribusi besar terhadap pengembangan Gerakan Pramuka di Indonesia.

"Tapi beliau mengonfirmasi tidak bisa hadir, maka kami beserta jajaran pengurus Kwarnas akan mengantarkan penghargaan ini kepada beliau," kata Adyaksa.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden memberikan Anugerah Penghargaan Gerakan Pramuka. Selain kepada Megawati, Presiden Jokowi juga memberikan anugerah kepada 37 orang lainnya dalam bentuk Lencana Mabida Peduli (3 orang); Lencana Melati (15 orang); Lencana Darma Bakti (5 orang); Lencana Satyawira Madya (8 orang); Lencana Karya Bakti (1 orang); Lencana Pancawarsa Utama (1 orang); dan Lencana Teladan (4 orang).

Di antara ke-37 orang penerima anugerah tersebut, terdapat Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Gubernur Banten Rano Karno, dan mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Acara yang bertema "Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, dan Asyik" ini juga dimeriahkan dengan pemecahan rekor MURI dalam bentuk penerbangan seribu model pesawat ringan (chuck glider) oleh seribu peserta Jambore Nasional.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengawalinya dengan melemparkan pesawat ringan ke udara, diikuti peserta Jambore.

Hadir dalam peringatan Hari Pramuka itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Jaksa Agung HM Prasetyo, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Staf Khusus Presiden Johan Budi.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
14-08-2016 21:29