Main Menu

MUI Kategorikan Pernyataan Ahok Sebagai Penghinaan Alquran dan Ulama

Abdul Rozak
11-10-2016 14:55

Basuki Tjahaja Purnama (GATRA/Dharma Wijayanto/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkategorikan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait Alquran surat Al Maidah ayat 51 sebagai penghinaan terhadap Alquran. Selain itu, MUI juga menilai Ahok telah menghina ulama di Indonesia.


Dalam keterangan tertulis yang diterima GATRAnews, Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin menuturkan telah melakukan kajian atas pernyataan Ahok yang disampaikan kepada warga Kepulauan Seribu, Selasa (27/10). Al Maidah ayat 51, secara eksplit berisi larangan menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin.

"Ayat ini yang menjadi salah satu dalil larangan menjadikan non-Muslim sebagai pemimpin. Dan ulama wajib menyampaikan itu (Surat Al Maidah 51) kepada umat Islam, bahwa memilih pemimpin muslim adalah wajib," ungkap Ma'ruf Amin, Selasa (11/10) siang. Umat Islam wajib meyakini kebenaran isi surat Al Maidah ayat 51 dan menjadikan panduan dalam memilih pemimpin.

Ma'ruf Amin menambahkan pernyataan Ahok yang mengatakan Al Maidah ayat 51 kerap dijadikan dalil untuk tidak memilih dirinya adalah penghinaan terhadap Alquran.

"Menyatakan bohong terhadap ulama yang menyampaikan dalil surat Al Maidah ayat 51 tentang larangan menjadikan non-muslim sebagai pemimpin adalah bentuk penghinaan kepada ulama dan umat Islam," pungkas Ma'ruf Amin.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
11-10-2016 14:55