Main Menu

Hore...Jambi Masuk Finalis Kota Dengan Manajemen Jalan Terbaik 2016

Wem Fernandez
20-10-2016 18:54

Wali Kota Jambi Syarif Fasha, (GATRAnews/Dok.Pemkot Jambi/Adi3)

Jakarta, GATRAnews - Upaya Pemerintah Kota Jambi meningkatkan infrastruktur jalan, memperbanyak trotoar, dan pedestrian bagi pejalan kaki berdampak positif pada minimnya angka kecelakaan.

 
Bahkan, bersama tiga kota lainnya di Indonesia (Kota Padang, Balikpapan dan Denpasar) menjadi empat kota yang berhasil lolos ke tahap final IRSA 2016 (Indonesia Road Safety Management) dan dinobatkan sebagai finalis penerima penghargaan untuk kategori kota dengan jumlah penduduk di bawah satu juta.
 
Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Rabu (19/10) kemarin mempresentasikan capaian itu dihadapan para pakar dan dewan juri Indonesia Road Safety Award 2016 di Jakarta.
 
"Kami senantiasa mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada di Kota Jambi, peran swasta dan pemerintah senantiasa disinergikan. Hal ini untuk mempermudah akses dan aktivitas masyarakat Jambi," ungkap Fasha dalam pesan elektronik yang diterima GATRAnews, Kamis, (20/10) petang.
 
Fasha melanjutkan, beberapa kebijakan telah diberlakukan. Seperti peningkatan kualitas dan pelebaran jalan, drainase yang disulap dan dioptimalkan menjadi pedesterian bagi pejalan kaki, tanpa menghilangkan fungsi utamanya, rekayasa lalu lintas untuk kepentingan umum, lajur khusus bagi pengendara sepeda, car free day setiap minggu.
 
IRSA tahun 2016 merupakan sebuah progam penghargaan terhadap Kota/Kabupaten terbaik dalam tata kelola keselamatan jalan di wilayahnya. Seperti yang diketahui, minimnya infrastruktur jalan dan fasilitas pejalan kaki serta rendahnya kesadaran tertib berlalu-lintas termasuk penyumbang tingginya angka kecelakaan lalu-lintas di Indonesia.
 
IRSA diikuti oleh Kabupaten/Kota seluruh Indonesia melalui penilaian yang ketat dan rekomendasi para pakar. Kota Jambi pun dinilai telah berhasil menerapkan aspek keselamatan di jalan.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
20-10-2016 18:54