Main Menu

DPR Bentuk Pansus RUU Pemilu, Isinya Tokoh Parpol

Ervan
28-10-2016 13:17

Ilustrasi (GATRAnews/Abdurachman/AR7)

Jakarta, GATRAnews- DPR merespons surat presiden dan draft Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu, dengan membentuk Panitia Khusus (Pansus). Siang ini, DPR membacakan surat tersebut sekaligus membentuk dan mengumumkan nama-nama anggota Pansus RUU Pemilu.

 

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan, pembahasan RUU Pemilu menjadi perhatian bersama antara pemerintah dan DPR. Pasalnya, hingga kini belum ada regulasi yang mengatur soal penyelenggaraan pemilu. "Kami harapkan seluruh anggota Pansus sudah ada, dan kami umumkan dalam Paripurna. Setelah itu baru kami serahkan kepada masing-masing anggota Pansus," kata Taufik, Jumat (28/10) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Menurutnya setelah nama-nama anggota Pansus diumumkan, selanjutnya akan dipilih pimpinan Pansus. Kemudian dibahas mekanisme ataupun jadwal yang berkaitan dengan kerja Pansus. "Kalau nanti disepakati semua fraksi, Pansus akan tetap kerja meski saat reses," imbuh Taufik.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini memprediksi, Pansus RUU Pemilu ini akan banyak melibatkan tokoh-tokoh partai politik atau fraksi di DPR. Hal itu mengingat banyaknya kepentingan partai politik yang ingin diakomodasi dalam RUU Pemilu. "Pansusnya besar. Jadi tergantung dari keputusan masing-masing fraksi. Karena penting, mereka yang dimasukkan dalam Pansus Pemilu ini adalah tokoh-tokoh partai masing-masing atau tokoh fraksi," pungkasnya.


Reporter: Ervan Bayu

 

 

Ervan
28-10-2016 13:17