Main Menu

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Jalan Tol ''Becakayu''

didi
07-11-2016 15:18

Presiden Joko Widodo meninjau meninjau proyek pembangunan jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) (ANTARA/Yudhi Mahatma/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (7/11), meninjau proyek pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1, yang dibangun di sepanjang jalur Kalimalang Jakarta Timur menuju Bekasi Jawa Barat. Jokowi ingin memastikan bahwa jalan tol sepanjang 8 km, dari Jakasampurna Bekasi sampai Universitas Borobudur di daerah Jalan Kalimalang 1 Cipinang Melayu Jakarta Timur itu sudah bisa dioperasikan pada Maret 2017.

"Saya hanya ingin memastikan yang Maret (2017) itu yang 8 km, dua arah, berarti 16 km sudah bisa dipakai karena penting sekali kemacetan di sini sudah terlalu parah," ujar Presiden Joko Widodo.

Percepatan pembangunan jalan tol yang telah tertunda selama 22 tahun tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan di sekitar Jalan Kalimalang menuju Bekasi.

"Ya yang pasti akan sangat mengurangi kemacetan karena ini memang plan awalnya memang dihitung sangat diperlukan, tetapi berhenti dan dilanjutkan plan ini dua tahun lah rampung," imbuhnya.

Seperti beritakan, jalan tol Becakayu Seksi 1 ini telah direalisasikan oleh PT Waskita Karya sebesar 78,619% dari rencana awal sekitar 80,61% sehingga permasalahan konstruksi bisa diselesaikan lebih cepat.

"Tadi dari laporan tadi rampung, hanya minus satu persen lah, targetnya masih hanya kurang satu persen lah. Saya kira itu bisa dikejar," ucap Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, jalan tol Becakayu akan terintegrasi dengan ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) sehingga akan lebih memudahkan para pengguna jalan.

"Nanti ini akan ditembuskan dengan tol JORR, memang plan yang dulu tidak tapi ini diterusin sekalian ditembusin," ujarnya menambahkan.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
07-11-2016 15:18