Main Menu

Akom Dukung Gus Dur dan Soeharto Peroleh Gelar Pahlawan

Wem Fernandez
10-11-2016 13:39

Ketua DPR RI Ade Komarudin (ANTARA/Puspa Perwitasari/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ade Komarudin mendukung penuh pemberian gelar pahlawan kepada dua tokoh yang dianggap berjasa bagi Indonesia, Soeharto dan Gus Dur.

 
"Banyak pihak mendorong agar Gus Dur dan Pak Harto (Diberi gelar pahlawan), kalau saya secara pribadi mendukung. Dan dua tokoh ini berjasa bagi republik ini, kenapa kita tidak beri gelar pahlawan?" tegasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (10/11).
 
Akom – sapaan akrab Ade Komarudin – menyebutkan, terlepas dari kekurangan kedua tokoh ini, ada juga sumbangsih bagi bangsa yang pernah diberikan oleh mereka. Tidak ada tokoh di dunia ini yang melulu hebat tapi ada juga kekurangan.

"Kita jangan lihat sisi lemahnya tapi juga sisi kehebatannya untuk bangsa. Tapi kewenangan itu kan tidak pada kami. Paling saya sebagai Ketua DPR hanya bisa memberi rekomendasi, keputusan di dewan gelar, sesuai aturan yang ada," kata Akom.


Ditanya lebih lanjut soal makna Hari Pahlawan, politisi Golkar ini menyebutkan, terminologi pahlawan saat ini memiliki makna yang luas. Jika zaman dulu pahlawan adalah orang yang mengangkat senjata mengusir penjajah, maka defenisi saat ini berkembang.

"Sekarang adalah perjuangan melawan penjajahan di bidang lain terutama menghadapi era globalisasi," ujarnya.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
10-11-2016 13:39