Main Menu

Jokowi Temui Petani Telukjambe yang ''Kubur Diri'' di Monas Saat May Day

Ervan
03-05-2017 13:01

Petani Telukjambe, Karawang, Jawa Barat yang melakuakan aksi kubur diri (GATRAnews/Ervan Bayu/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo menemui perwakilan petani Telukjambe, Karawang, Jawa Barat, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/5). Para petani asal Kampung Cisadang, Telukjambe, Karawang ini sebelumnya melakukan aksi "kubur diri" di kawasan Patung Kuda, Jakarta pada saat Hari Buruh Internasional 1 Mei. 

Ketua Umum Serikat Tani Telukjambe Bersatu, Maman Nuryawan mengatakan Presiden Jokowi berniat untuk menyelesaikan sengketa lahan antara petani dan perusahaan PT. Pertiwi Lestari yang terjadi sejak 2014 silam. 

"Pertemuannya soal penyelesaian konflik agraria yang terjadi di Telukjambe, Karawang," kata Maman usai pertemuan.

Menurut Maman, Kepala Negara berjanji akan menyelesaikan masalah

konfilk agraria itu dalam 3 hari kedepan. "Beliau siap menyelesaikan konflik agraria yang ada di karawang. Tapi tidak bisa disebutkan, dia butuh tiga hari," ungkapnya.

Sebelumnya 20 petani Telukjambe melakukan aksi kubur diri didepan pintu masuk Monas pada 1 Mei lalu. Aksi kubur diri itu dilakukan untuk mendapatkan perhatian pemerintah terkait konflik agraria di Teluk Jambe Karawang Jawa Barat.

Mereka menuntut pemerintah agar menegakkan UU Pokok Agraria Tahun 1960. Mereka juga menuntut pemerintah agar mencabut Hak Guna Bangun No 15, No 11 dan No 30 atad nama PT Pertiwi Lestari.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat 

Ervan
03-05-2017 13:01