Main Menu

Politikus PAN Nilai Pemerintah Gunakan Pendekatan Kekuasaan Bubarkan HTI

Wem Fernandez
09-05-2017 16:36

Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), M. Ali Taher (Dok Fraksi PAN DPR RI‏/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), M. Ali Taher, menyayangkan rencana pemerintah untuk membubarkan ormas HTI. Sebelum dilakukan, pemerintah seharusnya melakukan langkah-langkah persuasif dengan HTI.


“Kalau ada persoalan (dengan HTI) sebaiknya dengan pendekatan yang persuasif, edukatif, ya dipanggil dan diberi peringatan. Kamu salahnya di sini, kamu berhadapan dengan ideologi bagsa dan negara, apa yang dilanggar, diberi penjelasan. Kasih peringatan satu, dua dan tiga,” tegasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/5).
 
Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, jika pembubaran ini dilakukan, maka akan muncul kesan pemaksaan kehendak menggunakan pendekatan kekuasaan. Langkah ini justru memancing soal ketimbang menyelesaikan masalah yang ada.
 
“Kalau pemerintah tetap memaksakan kehendak untuk membubarkan HTI, itu pendekatan kekuasaan, tidak pernah akan menyelesaikan masalah,” tegas dia.  
 
Bagi dia, setiap ormas harus ditempatkan sebagai bagian dari komponen anak bangsa. Prinsip dari negara adalah mengayomi semua ormas yang ada tanpa membedakan berdasarkan latar belakang ideologi, agama atau lainnya.  
 
“Negara tidak boleh secara subjektif,” tutup Ali Taher.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

 

Wem Fernandez
09-05-2017 16:36